10 prinsip baru Putri Disney

Loading...

Belajar dari kritik, Disney pun memperbarui prinsip para putri karakter ciptaan mereka.

Belajar dari kritik, Disney pun memperbarui prinsip para putri karakter ciptaan mereka. © Lauren Elisabeth /Shutterstock

Zaman berubah, tren bergeser. Para putri Disney pun demikian. Kini Cinderella, Ariel hingga Tiana, semua punya prinsip baru, bukan satu atau dua, melainkan 10.


Sejak lama, Disney dan berbagai karakter putri buatannya dihujani kritik dari banyak pihak. Penampilan fisik mereka, berpinggang kecil, mata besar, badan langsing. Hingga problem citra tubuh dan kaitannya dengan rasa percaya diri.


Banyak pihak menuntut Disney untuk lebih realistis dalam mencipta karakter. Narablog YouTube, Loey Lane meluncurkan kampanye putri berbadan besar, penggemar Frozen melancarkan tagar #GiveElsaAGirlfriend untuk mendesak Disney menampilkan tokoh putri LGBTQ dalam sekuel Frozen.


Belajar dari kritik, Disney pun memperbarui prinsip para putri karakter ciptaan mereka. Bukan lagi putri berpenampilan sempurna yang kebahagiaannya tergantung pada pangeran tampan. Mereka mendeskripsikan para putri Disney sebagai putri modern yang percaya diri dan tak segan mengejar mimpi.

Baca juga:  Ketika sahabat jadi atasan

Prinsip baru putri Disney yang modern itu meliputi:


Care for others; live healthily; don’t judge a book by its cover; be honest; be a friend you can trust; believe in yourself; right wrongs; try your best; be loyal; never give up.


Dilansir Metro, dalam merumuskan prinsip tersebut, Disney menggandeng pakar pengasuhan anak, Judy Reith. Reith diminta menganalisis karakteristik para putri Disney, mendaftar kualitas terbaik yang mereka miliki.


Setelah itu, 5.000 orang tua dikumpulkan untuk berdiskusi dan menyortir pilihan menjadi 10, berdasarkan hal yang dianggap relevan dan penting bagi anak perempuan usia 6 hingga 10 tahun.



Untuk kepentingan proyek ini, para orang tua juga mendaftar panutan yang dianggap keren oleh para anak perempuan. Nama Michelle Obama muncul teratas, diikuti dengan Jessica Ennis-Hill dan JK Rowling.

Baca juga:  Ketika sahabat jadi atasan

Kata Judy, anak perempuan membutuhkan panutan yang kuat saat tumbuh besar. Adalah hal baik jika mereka memandang perempuan yang berani dan penuh determinasi sebagai sosok panutan. Para orang tua pun banyak melaporkan bagaimana anak perempuan mereka lebih percaya diri dan penyayang dari mereka kala kecil dulu.


“Jelas sudah bahwa menjadi seorang ‘princess’ tak sekadar titel, mahkota, atau menikahi pangeran. Namun bagaimana mencontoh keberanian Cinderella, kepahlawanan Merida, dan kemurahan hati Snow White. Saya harap prinsip ini dapat mendorong generasi perempuan baru untuk memerhatikan sesama, berusaha yang terbaik, dan percaya pada diri sendiri,” papar Judy dikutip Mashable.


Tiga ilustrator ternama Kate Moross, Rose Blake dan Kate Forrester juga digandeng Disney untuk mewujudkan 10 prinsip tersebut ke dalam poster. Poster ini dapat Anda unduh gratis untuk dicetak.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar