Sekda MuaroJambi M. Fadhil Arief Wakili Musrenbang (RKPD) Provinsi Jambi Tahun 2020

0
35

Lintas.co.id , Sekda MuaroJambi M. Fadhil Arief Mewakili Bupati saat menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jambi tahun 2020 yang digelar di Kabupaten Bungo, tepatnya di Hotel Semagi, Kamis (28/3/19).

Acara Musrembang RKPD tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Jambi H. Fachrori Umar dan turut dihadiri oleh Perwakilan Kementrian Dalam Negeri Deputi Bidang Pengelolaan Batas Negara Drs. Robert Simbolon, Perwakilan Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Drs. Pungky Sumadi, Anggota DPR RI dan DPD RI Perwakilan Jambi, Bupati/Walikota se-Provinsi Jambi, Sekda Provinsi Jambi, Unsur Forkompimda, serta tamu undangan lain.

Gubernur Jambi H. Fachrori dalam sambutannya menyebutkan bahwa Musrembang yang biasaya di Provinsi Jambi, sekarang berbeda dilaksanakan di Kabupaten Bungo, kedepan direncanakan dilaksanakan bergantian di kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi.

Ada beberapa poin yang disampaikan Gubernur H. Fachrori dalam musrembang kali ini yakni terkait lima prioritas pembangunan daerah seperti peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), peningkatan nilai tambah ekonomi, peningkatan konektivitas dan sarana prasarana wilayah, pemantapan ketahanan pangan serta pengelolaan energi Sumber Daya Alam (SDA) berkelanjutan dan terakhir tentang penguatan tata kelola pemerintahan dan stabilitas Timbumtranmas.

”Gubernur Fachrori juga menyebutkan bahwa laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi pada tahun 2018 menunjukkan perbaikan, yang diperlihatkan oleh pertumbuhan ekonomi 4,71 persen, tingkat pengangguran 3,86 persen, dan kemiskinan 7,85 persen.

Terkait dengan capaian tersebut, saya menyadari akan kondisi daerah kita yang memerlukan kreativitas dan kerja keras seluruh komponen pembangunan, untuk menyiasati tantangan dan hambatan yang muncul dan gangguan stagnasi ekonomi yang menerpa,” ujar Gubernur Jambi

Terpisah, Sekda Muaro Jambi M. Fadhil Arief menyebutkan, Pemkab Muaro Jambi akan terus meningkatkan sinergitas dengan Pemerintah Provinsi dalam menentukan prioritas pembangunan, terutama dalam pembangunan untuk pelayanan masyarakat.

”Pemkab Muaro Jambi akan menginstruksikan kepada para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Muaro Jambi untuk terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten dalam merancang perencanaan yang lebih baik, saling berkaitan dan memiliki indikator yang jelas, terukur dalam pengusulan program kegiatan agar lebih fokus” jelas Sekda M. Fadhil.(red)

LEAVE A REPLY