- Lintas.co.id - https://lintas.co.id -

Wakil Bupati Tanjab Barat ikut Rakor Persiapan Pilkada 2020 secara Vidcon

Kualatungkal, LINTAS.co.id – Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Amir Sakib bersama sekretaris daerah, asisten, kepala OPD dan instansi terkait, mengikuti rapat koordinasi (rakor) melalui telekonferensi dengan sejumlah menteri dan penyelenggara pemilu membahas pelaksanaan Pilkada 2020 di tengah pandemi COVID-19. Jumat (05/06).

Rapat koordinasi bersama menteri dalam negeri (Mendagri), menteri koordinator bidang politik hukum dan keamanan (Menkopolhukam), dewan kehormatan penyelenggara pemilihan omum (DKPP), komisi pemilihan umum (KPU) RI, badan pengawas Pemilu (Bawaslu) RI beserta kepala daerah.

“Hasilnya adalah, Pilkada dilaksanakan pada 9 Desember 2020 bersifat final. Sedangkan tahapannya ¬†dilanjutkan pada 15 Juni 2020,” ujar Wabup Amir Sakib.

“Arahan Mendagri, komisi pemilihan umum (KPU), kalau ada penambahan anggaran akan dirasionalisasikan lagi,” katanya.

Lanjutnya, selain membahas tentang tahapan pelaksanaan Pilkada, dalam rakor itu dibahas juga terkait penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan setiap tahapan Pilkada di tengah pandemi Covid-19.

“intinya, pemerintah daerah dihimbau agar mempersiapkan diri untuk menghadapi Pilkada 2020 ,” katanya.

Sementara, Ketua KPU Tanjab Barat, Hairudin mengatakan, sesuai yang disampaikan pemerintah juga kesiapan KPU, tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak gubernur, bupati, walikota akan dimulai 15 Juni mendatang.

” Kini masih menunggu PKPU yang dibuat legislasinya oleh KPU RI tentang jadwal tahapannya, sesuai jadwal tahapan tersebut, tentu pertama yang lakukan mengaktifkan panitia pemilihan kecamatan, kemudian melantik PPS, kemarin jadwal tahapan yang tertunda dilanjutkan.”

Pemungutan suara dilaksakan 9 Desember 2020, pada dasarnya KPU Tanjab Barat siap melaksanakan dan dukungan anggaran sesuai MPAD yang disampaikan oleh Wabup Amir Sakib, katanya. (adv)

Print Friendly, PDF & Email [1]