4 pilihan wisata olahraga di Indonesia

Loading...

Ilustrasi sport tourism

Ilustrasi sport tourism © Maridav /shutterstock

Ada cara berbeda untuk menikmati keindahan tempat wisata di Indonesia, yaitu dengan olahraga. Istilah baratnya adalah sport tourism atau wisata olahraga.

Dilansir Liputan6.com, istilah sport tourism terbagi menjadi dua kategori, yaitu sports participation travel, yaitu kunjungan wisatawan yang ingin ikut berpartisipasi dalam ajang olahraga yang digelar suatu negara, dan sports spectatorial travel, yaitu kunjungan untuk menyaksikan ajang olahraga.

Konsep yang memadukan wisata dan olahraga sebenarnya bukan hal baru. Di Indonesia konsep wisata ini sudah ada sejak zaman Sukarno saat Indonesia menjadi tuan rumah Asean Games 1962.

Sejumlah daerah yang mengadakan wisata olahraga juga memang memiliki tujuan untuk meningkatkan potensi pariwisata di daerahnya. Bintan Moon Run 2016 adalah salah satu yang akan digelar dalam waktu dekat.

Bila tertarik untuk mengikuti atau sekadar menyaksikan acaranya, catat empat perhelatan yang akan segera hadir di beberapa kota di Indonesia berikut ini:

Tour de Siak 2016

Mulai 17-22 Oktober 2016, Tour de Siak 2016 diadakan di Kabupaten Siak, Riau. Ajang bersepeda internasional ini akan membawa peserta melewati jalanan berliku, tanjakkan, serta pemandangan perkebunan sawit.

Ada pun empat etape yang akan dilintasi peserta, yaitu etape I, Siak-Simpang Dayun sepanjang 154,15 kilometer. Etape II, Siak-Sungai Apit sepanjang 115, 45 kilometer. Etape III, Siak-Perawang sepanjang 182,12 kilometer, dan etape 4 Siak City Race sepanjang 110 kilometer.

Tour de Linggarjati 2016

Balap sepeda yang akan diselenggarakan pada 28-30 Oktober 2016 ini akan melewati beberapa objek wisata di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, seperti Rumah Perundingan Linggarjati, Waduk Darma, dan Cibulan.

Rumah Perundingan Linggarjati adalah objek wisata berupa komplek seluas 2,4 hektar dan berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Waduk Darma sendiri ada di bawah kaki Gunung Ciremai, sekitar 715 meter di atas permukaan laut dan ada Cibulan yang menyuguhkan pemandangan alam, Sumur Tujuh, dan Ikan Dewa.

Kelud Volcano Road Run 2016

Masih olahraga lari, ada Kelud Volcano Road Run 2016 yang akan diselenggarakan pada 30 Oktober 2016 dan menjadikan Gunung Kelud, Kediri, Provinsi Jawa Timur, sebagai garis mulai dan selesainya. Gunung Kelud adalah ikon wisata Kabupaten Kediri.

Peserta Kelud Volcano Road Run 2016 akan lari sejauh 10 kilometer di atas gunung setinggi 1731 meter di atas permukaan laut. Tentunya tak hanya lari, namun sambil menikmati keindahan Gunung Kelud beserta kawasan hutannya, jalanan misteri, perkebunan buah nanas dan stroberi, serta Kampung Madu.

Borobudur Marathon 2016

Acara lari maraton ini memilik beberapa kategori, yaitu 10 kilometer, half marathon (21 kilometer), full marathon (42,195 kilometer), ultra marathon (120 kilometer), serta ambassador dan celebrity run (3 kilometer).

Beda kategori yang dipilih, beda juga rute larinya. Beberapa kawasan yang akan dilewati peserta Borobudur Marathon 2016 antara lain Museum Kapal, Museum K.A. Ambarawa, Stasiun Bedono, Muntilan, Puncak Kenteng 9, Pondok Pesantren Darul Hikmah, dan tentu saja Candi Borobudur.

Acara yang akan diadakan pada 20 November 2016 ini pun memiliki tujuan mempromosikan Destinasi Wisata Candi Borobudur yang ditargetkan dua Juta wisatawan asing melalui sport tourism.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar