5 tips penting saat membersihkan sepatu kets

Loading...

Sepatu kets tampak baru dengan lima langkah berikut

Sepatu kets tampak baru dengan lima langkah berikut © andersphoto /Shutterstock

Mengenakan sepatu kets memang nyaman. Sepatu ini pun disebut-sebut sebagai pengganti sepatu hak tinggi yang mulai berkurang peminatnya.

Namun karena rasa nyamannya, seringkali para pemakai kets jadi kurang memerhatikan kebersihannya. Padahal membersihkan sepatu berbahan kain ini tak sesulit kelihatannya.

Sudah banyak jasa yang menawarkan pencucian sepatu kets, bahkan membuatnya tampak seperti baru kembali. Membersihkannya sendiri pun sebenarnya tak seberapa sulit. Langkah-langkah berikut dapat Anda terapkan di rumah jika ingin membersihkan sepatu kets.

Fashion Beans mengungkapkan, kesalahan yang kerap kali terjadi ketika membersihkan sepatu kets ialah tidak menggunakan air. Padahal air dapat membersihkan kotoran dengan lebih maksimal. Kecuali bila sepatu terbuat dari bahan suede, Anda dapat mencampur air dengan sampo yang lembut atau cairan khusus pembersih sepatu.

Nike menyarankan agar Anda menggunakan air hangat suam kuku sebagai campuran sampo atau sabun yang digunakan. Cairan ini biasa dijual oleh jasa pembersihan sepatu. Ada juga di beberapa supermarket di kota besar. Gunakan juga sikat gigi atau lap sebagai alat bantu agar kotoran bisa terlepas lebih mudah.

Ya, Anda dapat menggunakan pemutih untuk membersihkan noda. Tapi perlu diingat, gunakan pemutih hanya dalam jumlah yang kecil dan hanya untuk sepatu berwarna putih saja.

Caranya cukup mudah. Buatlah larutan satu tutup botol pemutih yang dicampur dengan lima tutup botol air. Gunakan sikat gigi yang telah dicelup ke dalamnya untuk membersihkan noda membandel. Menggunakan pemutih pada sepatu berwarna lain dikhawatirkan akan membuat warnanya memudar dan sepatu menjadi rusak.

Bukan hanya bagian badan sepatu yang perlu dijaga kebersihannya, bagian tali pun sama pentingnya.

Selagi Anda membersihkan sepatu, rendamlah tali di larutan sabun atau detergen. Setelah selesai, Anda bisa menyikatnya perlahan dengan sikat gigi atau menguceknya dengan tangan.

Salah satu cara menjaga tali tak mudah rusak juga bisa dengan memerhatikan cara pemakaiannya. Misalnya saja dengan selalu membuka tali sepatu setiap saat Anda hendak mengenakan kets kesayangan.

Sebaiknya jangan mencuci sepatu ketika sudah sangat kotor. Hal ini akan menyulitkan Anda untuk menghilangkan nodanya dengan sempurna. Cucilah sepatu secara berkala, misalnya setiap dua minggu atau satu bulan sekali jika sepatu tersebut cukup sering Anda kenakan.

WhoWhatWear menyarankan, selalu simpan sepatu di tempat yang kering dan terlindung dari matahari. Paparan sinar matahari langsung dapat membuat sepatu kehilangan warna aslinya, kainnya mengering dan berkerut serta lebih mudah rusak.

Untuk menjaga agar bentuknya tetap sempurna, setelah sepatu selesai dicuci dan dikeringkan Anda dapat mengisi sepatu dengan kertas koran atau tisu. Kertas koran juga dapat membantu menyerap bau-bauan tak sedap yang kerap ada di bagian dalam sepatu Anda.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Related posts