66 Perwira Tinggi TNI AL Memasuki Purna Bakti 2016

Loading...

20161011_jatim_sby_purnawira-wmv_snapshot_01-21_2016-10-12_11-00-18

Sebanyak 66 perwira tinggi (Pati) di jajaran TNI Angkatan Laut, mengikuti upacara wisuda purnawira di lapangan Arafuru kompleks Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumimoro Surabaya, dengan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi.

Upacara tradisi pelepasan perwira tinggi TNI Angkatan Laut diperuntukkan bagi setiap Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut yang telah memasuki purna bakti dan sekaligus merupakan perlambang saat terakhir pengabdian seorang Perwira Tinggi setelah mendharmabaktikan dirinya untuk kepentingan bangsa dan negara.

Ke-66 orang perwira tersebut adalah Laksamana TNI purnawirawan Marsetio, Letnan Jenderal TNI purnawirawan (mar) M.Alfan Baharudin serta Laksamana Madya TNI purnawirawan Hari Bowo. Turut serta purnawirawan 32 orang perwira tinggi bintang dua yaitu berpangkat Laksamana Muda TNI dan Mayor Jenderal TNI Marinir, serta 31 orang perwira bintang satu atau berpangkat laksamana pertama TNI dan brigadir jenderal TNI marinir.

20161011_jatim_sby_purnawira-wmv_snapshot_00-09_2016-10-12_10-57-47

Dalam amanatnya, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, selaku Inspektur upacara mengatakan bahwa upacara ini merupakan bentuk penghormatan yang tulus dari seluruh jajaran TNI Angkatan Laut kepada para pendahulu atas darmabaktinya bagi kemajuan TNI Angkatan Laut. Sengaja Bumimoro dipilih sebagai tempat penyelenggaraan adalah untuk bernostalgia mengenang kembali masa penggemblengan menjadi perwira, dan nilai-nilai yang telah dibangun melalui pengabdian panjang yang diwariskan kepada generasi penerus.

Rangkaian acara Wisuda Purnawira diawali dengan Upacara Militer yang dinamai Upacara Parade Surya Senja, yakni upacara penurunan bendera Merah Putih saat matahari terbenam. Dalam upacara ini Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, secara simbolis menyerahkan piagam penghargaan kepada para wisudawan.

20161011_jatim_sby_purnawira-wmv_snapshot_01-00_2016-10-12_10-59-31

Upacara wisuda purnawira ini diselenggarakan bagi para perwira tinggi TNI Angkatan Laut yang telah selesai melaksanakan baktinya di TNI AL yang telah memasuki masa pensiun. Upacara ini di selenggarakan di hadapan para taruna dan perwira remaja yang pada waktunya nanti menjadi perwira-perwira yang akan menerima dan meneruskan pembinaan TNI Angkatan Laut yang di banggakan.

Selanjutnya dilaksanakan acara tradisi yaitu prosesi Wisuda Purnawira, secara simbolis dilaksanakan penyerahan kemudi kapal di atas replika KRI Dewaruci dari perwakilan wisudawan yang dituakan kepada Letda Laut (P) Anka Samudera, perwakilan Perwira Remaja TNI Angkatan Laut penerima penghargaan Bintang Adhimakayasa 2016. Ini sebagai simbolisasi diteruskannya perjuangan dari generasi pendahulu kepada generasi penerus di jajaran TNI AL, agar terjalin ikatan batiniah yang kokoh dan kuat.

20161011_jatim_sby_purnawira-wmv_snapshot_01-16_2016-10-12_11-00-04

Usai penyerahan kemudi kapal, para wisudawan didampingi istri berjalan melewati gapura pedang, sebagai pertanda berakhirnya masa pengabdian di TNI Angkatan Laut khususnya. Tradisi Wisuda Purnawira hanyalah sebuah simbol dari akhir penugasan seorang pelaut sejati, namun secara hakiki pengabdian seorang prajurit tidak pernah berakhir.

“Kami mengharapkan kepada para pendahulu, khususnya wisudawan, untuk terus memberikan dukungan moril dan sumbangan pemikiran kepada kami yang masih berdinas aktif. Kedudukan sebagai purnawira bukan berarti batas akhir pengabdian. Atas nama seluruh jajaran TNI Angkatan Laut, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas pengabdian yang telah diberikan oleh para wisudawan serta kepada para bapak dan ibu yang telah mendampingi wisudawan, baik dalam suka maupun duka,” ujar Kasal. (marksman/ sumber : dispen mabesal)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar