7 jajanan khas Vietnam wajib cicip

Loading...

Selain Pho yang mendunia, beberapa kuliner khas vietnam ini juga wajib Anda cicipi.

Selain Pho yang mendunia, beberapa kuliner khas vietnam ini juga wajib Anda cicipi. © Sebastiana /Shutterstock

Ketika membicarakan makanan khas Vietnam, biasanya ingatan tak akan lepas dari ragam olahan beras. Mulai dari nasi, bihun hingga kulit lumpia khasnya.

Jika Anda melancong ke Vietnam, jajanan khasnya sangat mudah ditemui di sudut-sudut jalanan kota. Mulai dari pho yang mendunia hingga jajanan khas yang tak banyak dikenal turis. Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner lokal yang harus Anda cicipi.

Sepintas bentuknya mirip dengan bakso kuah dengan bihun putih yang banyak dijajakan di Indonesia. Pho juga mudah ditemui di penjaja pinggir jalan.

Semangkuk pho terdiri dari mi yang terbuat dari tepung beras, potongan daging sapi atau ayam, sayur dan kuah kaldu gurih bening. Biasa disantap dengan menambahkan potongan cabai rawit segar.

Dikenal juga dengan nama spring roll, atau dalam bahasa Indonesia disebut lumpia. Bedanya dengan lumpia Indonesia yang berkulit renyah, di Vietnam lumpia terbuat dari olahan tepung beras kukus yang lembut.

Isinya terdiri dari sayuran segar, bihun dan potongan daging atau udang. kemudian goi cuon biasanya disantap dengan saus ikan. Ada juga banh cuon yang berisi daging babi cincang dan jamur kuping.

Pengaruh Prancis di Vietnam masih terasa kental pada budaya dan makanannya. Salah satu makanan hasil peninggalan Prancis yang sudah beradaptasi dengan budaya setempat ialah banh mi.

CNN Travel melansir, Banh mi merupakan santapan berbentuk roti panjang, mirip baguette ala Prancis. Roti tersebut dibelah memanjang menjadi dua bagian. Kemudian bagian tengahnya diisi dengan margarin, daun ketumbar sayuran dan pate (pasta hati angsa khas Prancis). Ada juga yang mengganti pate dengan irisan daging sapi atau babi.

Selain banh mi, banh xeo juga merupakan salah satu makanan khas Vietnam yang diadaptasi dari makanan khas Prancis. Ya, makanan ini berasal dari crepe, olahan telur dan terigu yang dibuat pipih dan renyah.

Food Network melansir, bedanya dengan crepe yang manis, di Vietnam banh mi dibuat dengan rasa yang lebih gurih. Kulitnya merupakan campuran tepung beras, bawang putih, telur, kunyit dan garam. Kulit banh mi kemudian disantap dengan isian udang atau daging serta sayur-sayuran.

Mirip dengan kudapan sayap ayam yang banyak disajikan di restoran di seluruh dunia, Vietnam juga memiliki olahan sayap ayam andalan. Biasanya sayap, paha dan kaki (ceker) ayam diolesi saus madu sebelum dibakar. Anda dapat menikmatinya begitu saja atau mencocolnya dengan saus sambal.

Com lam ialah nasi yang dimasak dalam bambu berukuran kecil. Biasanya banyak ditemukan di daerah pegunungan di Vietnam.

Hal ini terjadi karena di zaman dahulu com lam merupakan makanan bekal para pengembara. Mereka memasak olahan nasi di dalam bambu kemudian dibawa sebagai bekal perjalanan.

Puas menikmati jajanan di Vietnam, tak ada salahnya menjadikan ca phe trung sebagai penutup. Hidangan ini berupa campuran kopi, susu kental manis dan putih telur. Kocokan putih telur yang membentuk busa dituang terakhir, sehingga membuat tekstur kopi menjadi lembut dan ringan.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar