AS akan mengembangkan varian terbaru dari kapal selam balistik nuklir Virginia class dan Columbia class

Loading...

uss_virginia

Angkatan Laut AS ingin mengembangkan kapal selam nuklir yang benar-benar silent, tenang, dan tanpa suara dengan sensor yang mampu mendeteksi kapal selam musuh yang paling tenang. Ini semua bagian dari upaya untuk mempertahankan keunggulan teknologi kapal selam menghadapi persaingan dengan teknologi Rusia dan Cina yang sangat kuat.

Dalam dunia kapal selam, kebisingan bisa membunuh. Sebuah kapal selam yang berisik di tengah lautan akan cepat terdeteksi dan dibunuh oleh lawan-lawannya.

Sampai saat ini Amerika Serikat masih menikmati keunggulan teknologi kapal selam tenang, terutama kapal selam nuklir Virginia class, tapi desainer kapal selam Rusia dan China terus mengembangkan dan meningkatkan kapal selam yang semakin canggih juga.

Baca juga:  Thailand Investigasi Penyebab Jatuhnya Pesawat Gripen

AS terus berusaha membuat kapal selam yang lebih tenang dengan menggunakan teknologi yang sangat rahasia. Beberapa solusi yang masih dipertimbangkan diantaranya adalah mengisolasi sekuat mungkin mesin dari dinding lambung untuk mencegah getaran keluar dari kapal selam. Solusi lainnya adalah peningkatan lapisan ubin anechoic, yang merupakan lapisan ubin karet kedap suara pada lambung kapal selam.

Untuk meningkatkan sensor kapal selam yang dapat mendeteksi musuh lebih dahulu, AS menggunakan apa yang disebut sensor “pasif” yang sangat berguna untuk mencari dan mendeteksi kapal selam musuh. Selain itu sensor pasif juga memiliki kemampuan mendeteksi suara kapal selam musuh yang bergerak melalui air. Yang bahkan mampu mengumpulkan informasi sedetail mungkin, seperti kedalaman, kecepatan, bobot, bahkan juga tipe kapal selam musuh.

Baca juga:  KCR Hamina class Finlandia Akan Dilengkapi dengan Torpedo

Angkatan Laut AS juga akan merancang sistem komunikasi kapal selam generasi keempat yang tidak dapat dideteksi oleh musuh. Kapal selam dengan kemampuan silent tentu tidak akan berguna jika tidak dapat berbagi informasi dan menerima pesan dari armada lain.

Dimasa depan, AS akan mengembangkan varian terbaru dari kapal selam balistik nuklir Virginia class dan Columbia class.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar