Bawa Tank Leopard 2RI dan Leopard 2A4, Kapal Perang ADRI-L Sandar di Selat Lampa Natuna

Loading...

Kapal perang dan tank TNI Angkatan Darat tiba di Selat Lampa, Natuna. (wartakepri)

Kapal perang dan tank TNI Angkatan Darat tiba di Selat Lampa, Natuna. (wartakepri)


Kapal Perang ADRI-L TNI Angkatan Darat yang membawa Tank Panser terlihat sandar di Pelabuhan Selat Lampa, Kabupaten Natuna, pada hari Jumat (14/10) kemarin. Terlihat pula enam unit tank Leopard 2RI dan Leopard 2A4 sedang parkir di halaman Pelabuhan Selat Lampa.

Komandan Kodim 0318/Natuna, Letkol Ucu Yustiana SIP, membenarkan bahwa sebagian tank sudah tiba di Lampa. “Nanti saja ya kalau sudah lengkap tank nya tiba, baru dikabarkan dengan rekan media terkait rencana kegiatan latihan di Natuna” ujarnya.


Tank Leopard 2RI dan Leopard 2A4 memiliki perbedaan utama pada lapisan komposit Advanced Modular Armor Protection (AMAP). Lapisan pelindung ini terdiri atas materi nanokeramik serta titanium dan baja alloy, yang diklaim memberikan kemampuan perlindungan yang jauh lebih baik bagi tank Leopard 2RI. Karena sifatnya yang modular alias bisa dibongkar pasang, pengguna bisa memilih variasi kemampuan proteksi sesuai kebutuhan, seperti untuk menangkal granat berpeluncur roket (RPG) atau untuk peledak improvisasi (IED).


bawa-tank-leopard-2ri-kapal-perang-adri-l-sandar-di-selat-lampa-2
Sementara untuk jenis kanon, tidak ada perbedaan antara Leopard 2A4 dan Leopard 2RI. Keduanya mengandalkan meriam Rheinmetall L/44 120mm yang menggunakan sistem pengisian amunisi manual.


Begitu pula untuk mesin, Leopard 2A4 dan Leopard 2 RI menggunakan mesin diesel turbocharge MTU MB837 Ka501 yang berkekuatan 1.500 hp (tenaga kuda). Mesin tersebut mampu menjadikan tank berbobot 57 -60 ton ini mencapai kecepatan hingga 72 km per jam di medan yang rata.


Sumber: wartakepri

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar