Berlayar ke Sail Selat Karimata 2016

Loading...

Ilustrasi yacht

Ilustrasi yacht © In Green /shutterstock

Sail Selat Karimata 2016 akan digelar pada 20-30 Oktober. Tahun 2016, sekaligus menjadi penanda Sail Selat Karimata diselenggarakan untuk yang kedelapan kalinya sejak 2009.

Acara ini digelar di empat provinsi, yaitu Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jambi, dan Kalimantan Barat. Untuk meramaikan acara, akan hadir pula 100 kapal pesiar dari Singapura.

Erhard M. Rueber General Manager Nongsa Point Marina & Resort, dikutip CNNIndonesia, mengatakan, sudah ada komitmen dari Singapore Powerboat Association untuk meramaikan acara Festival Bahari Kepulauan Riau dan Sail Selat Karimata 2016.

Arief Yahya mengatakan Sail Selat Karimata 2016 merupakan kombinasi antara parade kapal-kapal perang dan perahu-perahu pesiar. “Kelak Sail ini benar-benar akan menjadi kegiatan berlayar bersama para dengan yacht dari satu pulau ke pulau lain, yang di setiap pemberhentian digelar atraksi budaya bahari yang khas,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Tahun ini, Sail Selat Karimata akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini ditandai dengan adanya Festival Sungai Carang pada 29 Oktober 2016. Acara tersebut akan dikemas secara elegan untuk meramaikan Festival Bahari Tanjung Pinang di Kepulauan Riau yang juga jadi bagian dari agenda Sail Selat Karimata 2016.

“Sungai Carang adalah sumber kehidupan dan peradaban Kepri di zaman lampau. Dari sungai inilah kelompok berkembang menjadi kampung, negeri dan bandar yang riuh ramai. Lalu meredup dan nyaris dilupakan umat. Sungai Carang adalah tapak dan jejak sejarah Melayu,” tutur Guntur Sakti, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, kepada DetikTravel.

Lengkapnya ada 20 agenda yang telah disiapkan untuk Sail Selat Karimata. Di antaranya upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di pulau terluar, gerakan pantai bersih dan senyum, juga pameran potensi daerah.

Selain itu akan digelar pula ekspedisi Nusantara Jaya, reli kapal layar (yacht). Sebagai acara puncak akan ada upacara Sail Selat Karimata di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Pulau Karimata berstatus Suaka Alam Laut (SAL). Luasnya sekitar 77.000 hektare. Di sini Anda bisa menikmati keindahan taman laut, pesona yang tidak kalah menawan tersedia pula bagi pehobi kegiatan bawah laut di Indonesia.

Secara geografis, kepulauan ini berada di selat perairan antara Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Gugusannya terdiri dari dua pulau besar, yaitu Pulau Karimata dan Pulau Serutu, serta beberapa pulau kecil. Di antaranya Pulau Kelumpang, Pulau Buluh, Pulau Belian, Pulau Busung, Pulau Segunung, Pulau Genting, Pulau Serungganing dan Pulau Kera.

Ajang Sail Selat Karimata jadi momen untuk meningkatkan wisata bahari di tanah air. Salah satunya dengan menjadikan kawasan Karimata sebagai destinasi utama wisata bahari.

Arief Yahya menargetkan rangkaian acara Sail Selat Karimata 2016 dapat dikunjungi tak kurang dari 15.000 wisatawan, terdiri 5.000 wisatawan mancanegara dan 10.000 wisatawan dalam negeri. Menurut Luki Prawira, Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Sail Selat Karimata bertujuan untuk meningkatkan perekonomian setempat melalui sektor pariwisata.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar