Beyonce raup Rp3,3 triliun dari tur konser Formation

Loading...

Beyonce tampil dalam Formation World Tour di Mercedes-Benz Superdome, New Orleans, Amerika Serikat, pada 24 September 2016.

Beyonce tampil dalam Formation World Tour di Mercedes-Benz Superdome, New Orleans, Amerika Serikat, pada 24 September 2016. © Daniela Vesco/Invision for Parkwood Entertainment/AP Images /AP Photo

Formation World Tour dari penyanyi Beyonce Knowles telah berakhir pada 7 Oktober lalu di Stadion MetLife, New Jersey, Amerika Serikat. Konser tersebut mengakhiri perjalanan panjang Beyonce dalam tur ketujuh sepanjang kariernya itu, serta yang paling sukses.

Dilansir dari Billboard (14/10/2016), Formation World Tour yang terdiri dari 49 kali pertunjukan konser berhasil meraup USD256 juta (Rp3,3 triliun) dari 2,2 juta lembar tiket yang terjual. Secara rata-rata, tiap konser Beyonce dalam tur yang dimulai dari 27 April di Miami ini menarik 45 ribu lebih penonton dan meraih uang USD5,2 juta.

Pertunjukan terlaris pada tur promosi album Lemonade ini terjadi pada awal Juli di Stadion Wembley, London, Inggris. Dari konser yang berlangsung dua hari itu, Beyonce dan kawan-kawan mengantungi USD15,3 juta dari penjualan 142.500 lembar tiket.

Laris-manisnya pertunjukan Beyonce tak pelak membuktikan kemampuan penyanyi jebolan kelompok Destiny’s Child itu dalam mengolah vokal di atas panggung. Arthur Fogel, promotor tur Formation memuji performa Beyonce.

“Setiap orang tahu kehebatan produksi Beyonce dan rekan-rekannya, namun lebih dari itu, semua orang terpesona oleh kemampuan luar biasa dirinya,” ujar Fogel, yang juga mengepalai divisi Global Touring di Live Nation.

“Ia tak sekadar menggunakan produksi panggung yang hebat, namun sebagai seorang penyanyi ia juga mampu meningkatkan kehebatan itu lebih tinggi lagi. Itulah kualitas unik dari Beyonce.”

Pujian juga datang dari jurnalis. Kat Bein dari Rolling Stone menyatakan, di panggung, Beyonce bagaikan bunglon. Penyanyi berusia 35 tahun ini mampu memadukan beberapa hal yang berseberangan dan dikemas dalam pertunjukan meriah yang luar biasa.

“Ia satu-satunya seniman di kelasnya yang mampu membisikkan kutukan penuh dendam, lalu meraung dengan sedih, dilanjutkan dengan tawa genit yang menggemaskan dengan meyakinkan. Tak heran penggemar mengartikan album Lemonade berisi konten kuat sekaligus membingungkan,” ujar Bein, yang menonton konser perdana Formation di Miami pada tanggal 27 April.

Muatan politik dalam album Lemonade dan konser Formation tak pelak bakal memiliki pengaruh besar. “Ia mencengangkan dunia dengan mahakaryanya Lemonade. Kini tur dunia Beyonce meletakkan politik wanita berkulit hitam yang penuh kegeraman jadi pusat perhatian,” tulis Hermione Hoby dari The Guardian.

Lemonade bercerita tentang banyak hal. Mulai soal isu perselingkuhan, perasaan menjadi perempuan kulit hitam di Amerika Serikat, pernyataan politik tentang rasisme, hingga protes terhadap kekerasan yang dilakukan polisi terhadap kaum kulit hitam.

LEMONADE Trailer | HBO © Beyoncé

Lemonade dan tur Formation memang saling menempel satu sama lain. Album visual tersebut diluncurkan 23 April, hanya beberapa hari sebelum konser dimulai, menyebabkan kegaduhan di dunia maya.

Sebuah video teaser diluncurkan pada 17 April. Video tersebut amat misterius. Beberapa potongan adegan yang tampak tidak berhubungan dijadikan satu. Video tersebut memancing penasaran penggemar, yang akhirnya terungkap pada 23 April, dengan sebuah album berisi 12 lagu dan video berdurasi 1 jam.

Dirilis melalui layanan pengaliran musik Tidal, Lemonade bikin aplikasi tersebut langsung melonjak pengunduhnya di Apple App Store, karena orang-orang ingin secepatnya menikmati album berisi 12 lagu itu.

Sehari sebelum Lemonade rilis, Tidal hanya menempati urutan ke-134 daftar aplikasi paling banyak diunduh di Amerika Serikat. Posisi Tidal langsung melejit ke urutan 10 saat Lemonade dirilis.

Dalam pekan perdana penjualannya sejak muncul di iTunes mulai 24 April, album yang dirilis Parkwood Entertainment (distribusi oleh Columbia Records) diperkirakan terjual lebih dari 450 ribu unit. Pada bulan Juni, Lemonade sudah terjual lebih dari 1 juta kopi.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar