Bikin Ngilu, Dokter Nekat Gunakan Bor Bangunan Untuk Operasi Pasien

Loading...

Apa jadinya jika alat berat yang biasa digunakan untuk konstruksi bangunan masuk justru dalam ruang operasi rumah sakit? Hal inilah yang terjadi di salah satu rumah sakit yang terletak di Kalimantan Timur. Kehebohan netizen bermula dari beredarnya beberapa foto proses operasi bedah tulang yang ternyata menggunakan mesin bor.

Bor bangunan digunakan dalam proses operasi pasien ~ merdeka.com
Bor bangunan digunakan dalam proses operasi pasien ~ merdeka.com

Beredarnya foto-foto tersebut sontak saja membuat masyarakat gempar. Bagaimana tidak, banyak orang awam yang menilai bor tukang bangunan adalah hal mengerikan. Foto itu sempat menjadi isu utama media lokal Kalimantan Timur. Tak ayal akhirnya banyak protes dilayangkan kepada pihak rumah sakit yang bersangkutan. Namun, apakah memang diperbolehkan tim medis memakai bor tukang bangunan saat operasi bedah tulang?

Bikin Ngilu, Dokter Nekat Gunakan Bor Bangunan Untuk Operasi Pasien ~ merdeka.comBikin Ngilu, Dokter Nekat Gunakan Bor Bangunan Untuk Operasi Pasien ~ merdeka.com

“Saya sempat tanya ke teman-teman ortopedi. Masih lazim gunakan bor itu tapi bukan peralatan standar ya. Ya itu tadi, soal standarisasi peralatan medis itu tergantung masing-masing rumah sakit,” ungkap Nathaniel ketua IDI Kaltim dilansir dari merdeka.com.

“Penggunaan rumah atau mesin bornya, tidak masalah karena sudah disterilkan, asalkan menggunakan mata bor khusus ortopedi. Tapi kalau penggunaan mata bor kayu, itu bahaya,” tambahnya. Nathaniel pun tidak menampik, penilaian dan kekhawatiran masyarakat awam, yang melihat beredarnya foto operasi tulang menggunakan bor yang biasa digunakan tukang bangunan.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar