Cantiknya pantai di Nusa Tenggara Barat

Loading...

Pantai di Gili Meno memiliki pasir putih, air yang sebening kristal, suasana tenang, dan udara segar. Ini karena mobil dan motor dilarang untuk masuk. Kendaraan di Gili Meno adalah sepeda atau cimodo.

Pantai di Gili Meno memiliki pasir putih, air yang sebening kristal, suasana tenang, dan udara segar. Ini karena mobil dan motor dilarang untuk masuk. Kendaraan di Gili Meno adalah sepeda atau cimodo. © Kasia Soszka /Shutterstock

Saat melancong ke Nusa Tenggara Barat, pastikan Anda mengunjungi beberapa pantai yang ada di sana. Baik untuk menyelam, berenang, bermain air, mengambil foto, atau hanya bersantai-santai sambil menikmati panorama.

Berikut daftar pantai yang ada di Nusa Tenggara Barat:

Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan berada di Lombok Tengah, sekitar 75 km dari Mataram. Tanjung Aan memiliki garis pantai sejauh 7,2 km yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombaknya tenang. Pasirnya terdiri dari dua jenis, yaitu pasir merica dan pasir putih.

Ada dua buah ayunan di pantai ini, pertama terletak di tepi pantai untuk satu orang, dan di atas air laut untuk dua orang.

Gili Meno

Gili Meno merupakan pulau di antara Gili Trawangan dan Gili Air. Bila dibandingkan dengan keduanya, ukuran Gili Meno paling kecil. Pantai di Gili Meno memiliki pasir putih, air yang sebening kristal, suasana tenang, dan udara segar. Ini karena mobil dan motor dilarang untuk masuk. Kendaraan di Gili Meno adalah sepeda atau cimodo.

Penyelam akan menemukan terumbu karang, berbagai jenis ikan, serta patung-patung di bawah laut karya seniman internasional, Jason deCaires Taylor.

Pantai Senggigi

Pantai Sengigi cocok untuk menyelam karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karang di pantai ini menjulang ke tengah hingga menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah.

Bila berjalan kaki sekitar setengah jam dari pantai, akan dijumpai Batu Bolong, yaitu pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Dari lokasi ini juga bisa terlihat Gunung Agung di Pulau Bali.

Pantai Seger

Lokasi Pantai Seger berjarak sekitar 4 km dari Pantai Kuta, Lombok Tengah. Pesona yang ditawarkan Pantai Seger adalah air jernih dan memantulkan warna biru kehijauan.

Tak jauh dari pantai, ada batu karang besar yang dikenal juga sebagai batu tengkong atau batu jamur. Jika air surut, wisatawan dapat berjalan kaki ke batu tersebut.

Bila berkunjung sehabis musim kemarau, bukit di sekitar pantai akan terlihat berlapis rumput hijau dan ditumbuhi pepohonan.

Pantai Selong Belanak

Pantai ini terkenal dengan air jernih dan pasir pantai yang lembut. Pantai Selong Belanak juga mempunyai garis pantai yang panjang. Daya tarik pantai ini adalah bagian bawah laut yang bekontur pasir hingga jarak 15 meter dari bibir pantai.

Keunikan pantai ini adalah dua jenis ombak yang berbeda, yaitu ombak besar di bagian barat, dan ombak yang tenang di bagian lainnya. Perbedaan tersebut biasa dimanfaatkan untuk berselancar.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Related posts