Coen bersaudara akan mengeksplorasi kisah mafia Dark Web

0
0

Ethan Coen (kiri) dan Joel Coen (kanan) berpose untuk film Inside Llewyn Davis dalam acara Festival Film Cannes ke-66 di Prancis (19/5/2013).

Ethan Coen (kiri) dan Joel Coen (kanan) berpose untuk film Inside Llewyn Davis dalam acara Festival Film Cannes ke-66 di Prancis (19/5/2013). © Sebastien Nogier /EPA

Sineas Joel dan Ethan Coen –biasa disebut Coen Bersaudara– akan menulis naskah untuk sebuah film thriller dengan judul sementara Dark Web.

Dilansir dari Hollywood Reporter (14/10/2016), Dark Web diangkat dari sebuah artikel berjudul “The Untold Story of Silk Road” karya Joshuah Bearman yang terbit di majalah Wired edisi Mei 2015. Artikel yang terdiri dari dua bagian ini mengisahkan kisah nyata Ross William Ulbricht, alias Dread Pirate Roberts.

Pria yang kini berusia 32 tahun ini ditangkap di San Francisco pada 2013 atas tuduhan pencucian uang, perdagangan narkoba, dan peretasan komputer. Ulbricht adalah pendiri sekaligus pengurus Silk Road, sebuah toko narkoba daring yang beroperasi di dalam Dark Web.

Sejak diciptakan pada 2011, Silk Road sudah menghasilkan pendapatan sebesar USD1,2 miliar (Rp15,6 triliun), dari angka itu Ulbricth mengantungi USD80 juta (Rp1,04 triliun).

Dari seorang bocah cerdas yang menurut saudaranya tak pernah berurusan dengan hukum, Ulbricht menjelma menjadi raja narkoba yang tega membunuh orang yang mengancam untuk mengungkap nama-nama para pengguna situsnya. Kini ia sudah diberi hukuman penjara seumur hidup.

Hollywood Reporter menyebut Coen Bersaudara cocok dengan kisah ini, karena memiliki berbagai pelintiran (twist) yang mirip dengan Fargo (1997), sebuah drama yang membuat Coen Bersaudara memenangi Oscar kategori Penulis Naskah Terbaik.

Coen Bersaudara sebetulnya dikenal sebagai penulis yang bisa bekerja sebagai sutradara. Baru-baru ini mereka menulis dan menyutradarai Hail, Caesar!, film komedi satir yang melambungkan nama aktor muda Alden Ehrenreich.

Puncak karier mereka adalah No Country for Old Men (2007), film yang membuat Joel dan Ethan dapat 3 piala Oscar sekaligus untuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Penulis Naskah Terbaik.

Namun mereka juga dikenal kerap menangani naskah yang tidak mereka sutradari, contohnya film Unbroken (2014) karya Angelina Jolie dan Bridge of Spies (2015) karya Stephen Spielberg. Dalam waktu dekat, mereka juga bakal menulis naskah unfuk film Suburbicon yang disutradarai oleh aktor George Clooney.

Dark Web merupakan sebuah istilah mengenai situs-situs internet yang tersedia secara publik, tapi menyembunyikan alamat IP server yang menjalankannya, biasanya dienkripsi menggunakan sistem TOR.

Sederhananya, situs-situs ini bisa dikunjungi siapapun menggunakan peramban dengan sistem TOR, namun sangat sulit dilacak jika pihak berwenang ingin mencari tahu siapa yang bekerja di balik situs tersebut. Apalagi situs-situs Dark Web juga tidak bisa dicari menggunakan mesin pencarian normal seperti Google.

Dark Web bisa amat berguna secara positif, jika misalnya Anda seorang aktivis politik di negara dengan sistem diktator yang mengawasi kegiatan internet penduduknya. Namun, jika menjelajahi Dark Web, yang biasa ditemukan adalah hal-hal negatif.

Berbagai macam hal-hal tabu yang tak bisa ditemukan di situs normal ada di Dark Web. Dari pornografi anak, film snuff (film yang isinya kejadian pembunuhan betulan), pasar gelap daring, jual-beli senjata, obat-obatan terlarang, cara-cara menjadi teroris, hingga penyewaan pembunuh bayaran bisa dicari di sini.

Bagikan dengan cinta...
Loading...
Bagikan
Artikel sebelumnyaTip merawat tindik di berbagai titik
Artikel berikutnyaChris Rock dibayar Rp522 miliar untuk dua acara Netflix
mm
Media elektronik bisa dijadikan jendela informasi yang membangun dan mencerdaskan bangsa. Generasi muda Indonesia mulai gemar membaca untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan. Mari kita isi dunia baca Indonesia dengan berita positif demi masa depan bangsa. Selamat berdiskusi... [Meidiana Said - Lintas Cybermedia]

Tulis gagasan