Google dan Facebook bekerja sama untuk internet yang lebih cepat

0
0

Ilustrasi jaringan internet.

Ilustrasi jaringan internet. © Pixabay

Google dan Facebook minggu lalu baru saja mengumumkan bekerja sama untuk membentangkan kabel jaringan internet membelah Samudera Pasifik. Kabel-kabel yang akan memiliki kecepatan luar biasa tersebut nantinya mampu menghantarkan kecepatan internet hingga 120Tbps.

Dengan kecepatan sebegitu besar, maka hanya dibutuhkan beberapa detik saja untuk mengirimkan semua buku yang pernah ditulis di Bumi.

Kabel tersebut akan menghubungkan kota Los Angeles, Amerika Serikat, dan Hong Kong sepanjang 12.800 km. Dalam unggahan di blog resmi, proyek bernama Pacific Light Cable Network (PLCN) ini rencananya akan diluncurkan pada musim panas 2018.

Selain kedua perusahaan itu, proyek ini juga melibatkan Pacific Light Data Communication yang bermarkas di Hong Kong and TE SubCom, divisi koneksi bawah air laut dari perusahaan jaringan asal Amerika Serikat, TE Connectivity.

“PLCN akan membawa latensi rendah, keamanan dan bandwidth yang lebih besar untuk pengguna Google di wilayah Asia Pasifik,” kata Direktur dan Principal Engineer Global Network Infrastructure Google, Brian Quigley.

Jangan lewatkan:  ZUK Z2 Pro & Z1 Segera Terima Update Android Nougat

Masing-masing perusahaan yang bergabung dalam proyek ini akan memiliki bagian tersendiri. Dari sisi Google, mereka akan menggunakan kabel-kabel serat khusus untuk digunakan sendiri untuk memastikan lalu lintas data mereka tetap pribadi.

Selain itu keunggulan bandwidth yang lebih besar dan latensi rendah untuk pelanggan di wilayah Asia Pasifik juga akan menguntungkan pengguna Facebook di wilayah tersebut.

Keduanya memang belum mengungkap lebih lanjut mengenai kerja sama yang dilakukan. Tapi menurut Venture Beat (12/10) tidak sulit untuk menebak mengapa dua raksasa internet terbesar di dunia ini tertarik dalam pembiayaan proyek besar seperti ini.

Tidak lain adalah sebagai jalan untuk layanan mereka berkembang dalam hal fitur. Baik Google dan Facebook membutuhkan lebih banyak bandwidth untuk memastikan bahwa pengguna mereka mendapatkan apa yang dijanjikan.

Jangan lewatkan:  Samsung Galaxy S7 Edge Black Pearl Resmi Diperkenalkan

Latensi yang rendah akan sangat memberikan efek positif ke produk-produk G Suite Google dan Google Cloud Platform. Yang terakhir merupakan platform yang menyediakan komputasi awan publik dan infrastruktur penyimpanan untuk pengembang dan perusahaan independen, seperti Snapchat dan Spotify.

Jika mereka ternyata tidak dapat menggunakan potensi maksimal infrastruktur ini pun, Facebook dan Google pasti tidak akan memiliki masalah untuk menjual atau menyewakan kapasitas yang tersisa ke perusahaan lain.

Peta jalur Pacific Light Cable Network (PLCN) dan jaringan infrastruktur Google Cloud Platform Peta jalur Pacific Light Cable Network (PLCN) dan jaringan infrastruktur Google Cloud Platform © Google

Kerja sama ini memang terlihat tidak biasa. Keduanya merupakan perusahaan teknologi yang seharusnya lebih menjual produk bukan jaringan. Tapi meski begitu sebenarnya sudah ada yang lebih dahulu perusahaan teknologi bekerja sama membangun jaringan.

Sebelum bersama Google, Facebook terlebih dahulu menjalin kerja sama dengan Microsoft untuk membangun infrastruktur jaringan kabel bawah laut trans-Atlantik, seperti dilansir Wired (26/5). Memiliki nama MAREA yang berarti ombak dalam bahasa spanyol, kabel dalam laut ini membentang dari Virginia, AS, ke Bilbao, Spanyol, sepanjang 6.600km.

Jangan lewatkan:  Tahun Depan, Prosesor Qualcomm Snapdragon Bisa Jalankan Windows 10

Pembangunan MAREA sudah dimulai pada Agustus dan diharapkan selesai pada Oktober 2017. Kecepatan yang ditawarkan hingga 160Tbps.

Bagi Google, kerja sama ini juga bukan pertama kali. Venture Beat (11/8/2014) mewartakan, sebelumnya Google telah menyisipkan uang untuk tipe infrastruktur seperti ini. Salah satunya adalah FASTER.

Kecepatan yang disediakan FASTER mencapai 60Tbps, hasil kerja sama dengan China Mobile International, China Telecom Global, Global Transit, KDDI, and SingTel. Kabel dalam laut tersebut membentang dari bagian barat AS ke Jepang.

Dalam kata lain, kecepatan proyek PLCN Google dan Facebook kali ini dua kali lebih cepat dari kabel internet trans-Pasifik yang tersedia saat ini.

Pencarian pada artikel ini:

  1. Gionee M5 official fireware dl
Bagikan dengan cinta...
Loading...
Bagikan
Artikel sebelumnyaEfektifkah satgas sapu bersih memberantas pungli?
Artikel berikutnyaModul perdana ESA segera mendarat di Mars
mm
Media elektronik bisa dijadikan jendela informasi yang membangun dan mencerdaskan bangsa. Generasi muda Indonesia mulai gemar membaca untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan. Mari kita isi dunia baca Indonesia dengan berita positif demi masa depan bangsa. Selamat berdiskusi... [Meidiana Said - Lintas Cybermedia]

Tulis gagasan