Hygge, cara bahagia ala Nordik

Loading...

Menjelaskannya susah, namun seperti cinta, Anda bisa tahu saat merasakannya.

Menjelaskannya susah, namun seperti cinta, Anda bisa tahu saat merasakannya. © mimagephotography /Shutterstock

Hygge adalah sebuah konsep dari negara-negara Nordik. Menjelaskannya susah, namun seperti cinta, Anda bisa tahu saat merasakannya.

Bayangkan situasi ini; Anda berada di tempat favorit membaca buku kesukaan. Atau bercengkerama bersama sahabat, menikmati makanan nikmat. Rasa aman dan nyaman yang ada dalam bayangan Anda itulah yang disebut dengan hygge.

“Saat semuanya berlaku sebagaimana mestinya. Teman yang cocok, suhu sempurna, Anda merasa nyaman, aman, hangat, dan senang,” jelas Marie Tourell Soderberg dalam bukunya, Hygge.

Anda mengalaminya saat benar-benar berada dalam sebuah momen, merasa nyaman dan tenang. Perasaan ini biasanya ada saat Anda sedang bersama orang tersayang.

Hygge sudah jadi bagian hidup orang-orang di Denmark, Swedia, Finlandia, dan negara-negara Nordik lain. Belakangan banyak yang menulis buku tentangnya, membuat istilah ini jadi populer. Ada buku The Book of Hygge, dan The Little Book of Hygge. Semua mengupas apa itu hygge dan bagaimana mewujudkannya dalam keseharian hidup.

Salah satu buku yang populer tentang hygge adalah How to Hygge, karya Signe Johansen. Di dalamnya, Johansen memaparkan konsep hygge. Berikut beberapa di antaranya.

Orang-orang Nordik berusaha menghabiskan banyak waktu di luar ruangan. Baik itu sekadar menikmati alam pun berolahraga di luar ruangan secara rutin. Kembali ke alam, menurut mereka lebih menyehatkan.

Makan cara hygge berarti makan bersama. Orang-orang Skandinavia biasanya menyediakan waktu khusus untuk makan bersama keluarga setiap hari. Menurut mereka, keseimbangan antara hidup dan pekerjaan adalah kunci sukses melindungi diri dari stres.

Orang-orang Nordik, memerhatikan asupan makanan. Mereka cenderung memilih makanan yang rendah kolesterol. Sehingga mereka tak perlu merasa bersalah saat ingin menikmati makanan favoritnya seperti bacon atau bir, karena hanya mengonsumsinya dalam porsi wajar.

Beberapa hal di atas dilakukan orang-orang Nordik dalam keseharian. Anda pun dapat mencoba mempraktikkannya di kantor. Soderberg memberikan beberapa tip yang bisa Anda coba.

Di antaranya personalisasi meja kerja, menambahkan tanaman sebagai penghias meja, dan makan siang di luar bersama rekan kerja. Hal-hal sederhana yang tak sulit untuk dipraktikkan.

Evening Standard melansir, Anda juga dapat mencoba mewujudkan konsep hygge lewat interior rumah. Intinya, desain ala Skandinavia memiliki ciri khas simpel dan bersih.

Ternyata, hygge berhasil mewujudkan kehidupan bahagia. Hal ini terbukti dari indeks kebahagiaan. Islandia, Denmark, Norwegia, Finlandia, dan Swedia selalu masuk dalam 10 besar negara paling bahagia. Bahkan tak jarang jadi jawara.

Karena itu, menarik untuk menilik hygge dan bagaimana mempraktikkannya. Bangsa Indonesia masih duduk di posisi buntut dalam indeks kebahagiaan. Sementara pada akhirnya, semua orang pasti ingin bahagia, bukan?

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Related posts