Inilah duo motor sport terbaru dari Suzuki

Loading...

Suzuki GSX-R125 yang baru diperkenalkan pada ajang Intermot 2016 di Cologne, Jerman.

Suzuki GSX-R125 yang baru diperkenalkan pada ajang Intermot 2016 di Cologne, Jerman. © Tangkapan layar YouTube Suzuki

Belakangan ini beredar dua kabar berbeda mengenai Suzuki di Indonesia. Soal kemungkinan segera hadirnya motor GSX-R150 dan GSX-R250, serta gosip bakal dihentikannya aktivitas pemasaran produk roda dua jenama Jepang itu di Indonesia.

Kita mulai dulu dengan kabar pertama. Rumor tentang segera hadirnya di Tanah Air duo motor sport fairing terbaru buatan Suzuki tersebut, terutama GSX-R150, telah beredar sejak awal tahun ini.

Kabar tersebut diperkuat dengan beredarnya spy shot (foto mata-mata) di laman Laskar-Suzuki pada awal September. Bahkan sebelumnya, pada Mei 2016, blogger otomotif lokal ternama Taufik Hidayat dari TMCBlog menuliskan tentang info telah mulai ditesnya Suzuki GSX-R150 itu di Tambun, Bekasi, dekat pabrik Suzuki.

Lalu, dalam salah satu ajang otomotif terbesar dunia, Intermot, di Cologne, Jerman, Suzuki memamerkan GSX-R125, motor sport 125cc yang ternyata dibuat di Indonesia.

Meski demikian, para pengamat otomotif di Indonesia yakin GSX-R125 akan menjadi dasar bagi dua motor berkapasitas mesin lebih besar yang bakal diperkenalkan pada Indonesia Motorcycle Show 2016, 2-6 November, di Jakarta Convention Center.

Akan tetapi Suzuki Indomobil Sales (SIS) tampak masih enggan untuk mengonfirmasi kebenaran gosip tersebut.

“Kalau untuk melengkapi ya seharusnya dua-duanya ya, kalau kita bicara market 150 cc dan 250 cc itu cukup besar. Tapi semua punya pasar, kalau ekonomi mulai stabil otomatis gaya hidup juga akan mengikuti,” kata Dept Head of Marketing and Sales 2w PT SIS, Yohan Yahya, menjawab pertanyaan Dapurpacu.com, Selasa (11/10).

“Tunggu saja nanti pada waktunya, kami akan jelaskan semuanya. Mudah-mudah bisa segera kami perkenalkan,” sambung Yohan.

GSX-R125 ABS official promotional movie © SUZUKI Way of Life!

Mengenai GSX-R125, motor full-fairing ini akan menggunakan mesin 125cc silinder tunggal dengan transmisi manual 6-percepatan. Namun Suzuki belum mengungkapkan detail lain soal motor ini.

MCN menuliskan bahwa Suzuki mengklaim GSX-R125 ini memiliki rasio tenaga-berat, rasio torsi-berat, akselerasi, pengendalian, dan konsumsi bahan bakar yang terbaik di kelasnya.

Beberapa fitur menarik lain yang dipasang pada motor ini adalah Keyless Ignition System, Answer Back System, dan full LED di semua lampu, baik lampu depan, sein maupun lampu belakang.

Pada Agustus 2016, Suzuki menutup pabrik mereka di Malaysia karena angka penjualan yang tidak menggembirakan, seperti dikabarkan Sindonews.com (18/8).

Karena itulah, bersamaan dengan kabar kehadiran duo motor sport itu, beredar gosip bahwa Suzuki bakal hengkang dari pasar roda dua Indonesia karena alasan yang sama.

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor Suzuki pada paruh pertama 2016 turun nyaris 50 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Jika pada semester pertama 2015 SIS berhasil melego 69.698 unit motor, sepanjang Januari-Juni 2016 hanya 34.915 unit yang berhasil mereka jual.

Suzuki pun tergusur dari posisi tiga besar di pasar domestik, disalip oleh Kawasaki.

Walau Komisaris Utama SIS, Subronto Laras, dalam wawancara dengan KompasOtomotif (12/8), membantah mereka akan hengkang dari Indonesia, namun gosip itu tak juga reda.

Yohan Yahya pun kembali menegaskan bahwa Suzuki takkan menghentikan produksi dan penjualan sepeda motor di Indonesia.

“Kalau kita lihat kondisi sekarang di Indonesia, memang sedang kurang baik. Berbicara industri motor juga mengalami penurunan, sehingga beberapa produk kami juga terkena dampaknya, tapi saya rasa bukan hanya Suzuki yang mengalami penurunan, tapi semuanya,” kata Dept Head of Marketing and Sales 2w SIS itu kepada Dapurpacu.com.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar