Instagram foto Ibu Ani: dari AHY sampai Nike Ardila

Loading...

Ani Yudhoyono semasa muda (kiri) dan Nike Ardila (kanan), konon keduanya punya kemiripan wajah.

Ani Yudhoyono semasa muda (kiri) dan Nike Ardila (kanan), konon keduanya punya kemiripan wajah. © Kolase @aniyudhoyono /Instagram.com

Mantan Ibu Negara, Ani Yudhoyono, mengundang keriuhan lewat sebuah kiriman di Instagram. Dalam kiriman akun @aniyudhoyono itu, tersandingkan fotonya semasa muda dengan mendiang penyanyi pop legendaris, Nike Ardila.

“Banyak yang bilang mirip. Apanya sih yang mirip?” Demikian pertanyaan istri Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Foto dan pertanyaan itulah yang disambut sekitar 57 ribu tanda suka, dan 2.200-an komentar, Rabu siang (12/10).

Mayoritas pengguna Instagram yang memberi komentar, agaknya bersepakat soal kemiripan kedua tokoh. “Sama sama cantik,” jadi satu ungkapan yang kerap disampaikan pengguna Instagram.

Ada pula yang menyebut kemiripan ciri-ciri fisik, misal soal bentuk mata, dan senyum.

“Iya bu mirip. Tarikan bibir, sorotan mata, dan gayanya juga pas. Chubby-nya (kegemukannya) sih sedikit beda, maaf bu. Kalau almarhum lebih tirus,” tulis akun @athayaluvena.

Namun ada juga yang meragukan kemiripan itu. “Hahaha, yang bilang mirip bisa aja minta sogokannya,” komentar dari @mianuramalia.

Tokoh yang kerap disapa Ibu Ani itu agaknya sekadar ingin menjawab rasa penasaran, melalui kiriman foto dan pertanyaan di muka.

Pasalnya, komentar soal kemiripan itu semula muncul pada sebuah foto yang telah dikirimkan sebelumnya.

Pada kiriman sebelumnya, Ibu Ani membagikan foto lawas bersama anak sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) semasa bayi. Di kiriman itu, setidaknya ada tujuh akun yang menyebut paras Ibu Ani muda mirip sang penyanyi Seberkas Cahaya Terang.

Demi menjawab rasa ingin tahu, foto tersebut lantas dipotong (crop), dan disandingkan dalam kolase bersama potret Nike Ardila di kiriman selanjutnya.

Selain riuh komentar soal kemiripan Ibu Ani dan Nike Ardila, ada satu kecenderungan terkini di akun Instagram @aniyudhoyono.

Belakangan, akun itu makin sering mengirimkan foto anak sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Kecenderungan itu, makin kentara setelah AHY resmi dicalonkan Koalisi Cikeas–pimpinan Partai Demokrat–sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2017.

Lebih kurang dua pekan terakhir, #agusharimurtiyudhoyono menjadi tagar yang paling sering dikirimkan Ibu Ani di Instagram. Tagar itu dipakai sebanyak sembilan kali (sembilan foto) dalam 20 kiriman terakhir dari @aniyudhoyono, hingga Rabu (12/10).

Sebagai misal, Ibu Ani ikut membagikan momen saat AHY mengakhiri jabatannya sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning (26 September 2016). Momen itu sekaligus menandai mundurnya AHY dari dinas militer, demi berkiprah di kancah politik.

Satu foto yang juga menarik, berupa momen keakraban antara kedua anak SBY-Ani, AHY dan Ibas Yudhoyono. “Ingin tahu salah satu rahasia yang membuat orang tua bahagia? ‘Kakak beradik harus selalu kompak dan saling menyayangi'” tulis Ibu Ani, sebagai keterangan foto.

Boleh jadi, foto itu semacam usaha meredam kasak-kusuk politik di seputar pencalonan AHY dalam Pilkada DKI.

Pencalonan itu sempat disambut suara sumbang, yang menyesalkan pilihan Partai Demokrat mengusung AHY, ketimbang Ibas. Si Bungsu diklaim lebih pantas, sebab sudah lebih dulu berkecimpung di dunia politik, dan kini menjabat Ketua Fraksi Demokrat di DPR.

Pandangan macam itu sempat muncul dalam pernyataan politisi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, misalnya. Pun di media sosial sempat beredar gambar-gambar lucu yang menyoal topik serupa.

Kiriman Ibu Ani bak sinyal yang menunjukkan bahwa kedua anaknya tetap kompak, di tengah kasak-kusuk politik yang beredar.

Ibu Ani memang kondang di Instagram, sejak masih berstatus sebagai ibu negara.

Pada Desember 2013, Instagram bahkan menempatkan nama Ibu Ani dalam jajaran pemimpin dunia terpopuler di layanan mereka.

Hingga kini (12/10), Ibu Ani punya 5 juta pengikut di Instagram.

Di layanan berbagi foto itu, pemilik nama asli Kristiani Herrawati itu jauh lebih beken ketimbang Presiden Joko “Jokowi” Widodo, yang baru memiliki 1,5 juta pengikut.

Pun dia masih unggul bila dibandingkan dengan tokoh lain macam Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang punya 1,1 juta pengikut.

Adapun Ahok adalah kandidat petahana yang akan ditantang AHY (1,6 juta pengikut Instagram) dalam Pilkada DKI. Selain kedua tokoh itu, calon lain dalam Pilkada DKI adalah Anies Baswedan (112 ribu pengikut Instagram).

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Related posts