Kapal Penjaga Pantai Ditabrak dan Tenggelam, Korsel Protes China

Loading...

korea-cost-guard

Seoul – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) melayangkan protes atas tindakan satu kapal Cina yang menabrak kapal patroli penjaga pantai milik Korea Selatan hingga tenggelam pada minggu lalu.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan (9/10/2016) menyatakan pihaknya telah memanggil konsul jenderal Cina di Seoul untuk menyapaikan protes secara resmi, terkait insiden penabrakan tersebut, serta meminta pemerintah Cina berperan aktif dalam mencegah terulangnya kasus yang sama.

Pemerintah Beijing telah menyampaikan penyesalan atas kejadian itu dan berjanji untuk memperkuat pengawasan dan razia terhadap penangkapan ikan ilegal di perairan Korea Selatan oleh kapal-kapal nelayan Cina.

Baca juga:  KCR Hamina class Finlandia Akan Dilengkapi dengan Torpedo

Kementerian Korea Selatan akan melakukan konsultasi dengan badan-badan pemerintah terkait, termasuk Penjaga Pantai dan Kementerian Maritim dan Perikanan, serta melanjutkan upaya diplomatik untuk membasmi kegiatan yang melanggar hukum.

Satu kapal Penjaga Pantai Korea Selatan tenggelam di perairan Laut Barat, dekat pulau Socheongdo, Jumat (7/10/2016) saat melakukan razia terhadap kapal-kapal penangkap ikan Cina, setelah ditabrak oleh kapal nelayan Cina dari belakang.

Sumber :

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar