Kronologi Apartemen Runtuh di China, 22 Penduduk Tewas Tertimbun

Loading...

Apartemen Runtuh

Copyright ©Reuters

Apartemen runtuh menewaskan 22 orang akibat tertimbun reruntuhan bangunan. Insiden ini terjadi di Chin tepatnya di Wenzhu, Provinsi Zhejiang pada Senin 10 Oktober 2016 waktu setempat.


Berikut kronologi kejadian apartemen runtuh di China. Gedung apartemen runtuh saat dibangun dan menimpa penduduk desa di 460 kilometer sebelah selatan dari Shanghai.


Ada empat bangunan di distrik industri Wenzhu Lucheng. Sekitar 800 orang penyelamat dikerahkan untuk mengevakuasi korban yang tertimbun reruntuhan bangunan.


Sebanyak 28 orang berhasil ditemukan diantara reruntuhan. Enam korban diantaranya dalam kondisi kritis.


Petugas pemadam kebakaran, Sun Jing mengatakan untuk melindungi yang terjebak dalam reruntuhan pihaknya menggali dengan tangan kosong sehingga pekerjaan itu membutuhkan waktu lama. Keenam orang yang bertahan hidup itu langsung dilarikan ke rumah sakit tedekat.


Menurut laporan, korban selamat kini dalam kondisi stabil. Seorang anak perempuan ditemukan pada hari Senin pukul 18.45 WIB. Dia adalah korban selamat terakhir.

Ilustrasi JasadFoto Copyright © Ilustrasi Jasad

Informasi yang disampaikan oleh departemen pemadam kebakaran Wenzhou menyebut bocah perempuan itu dilindungi oleh tubuh orang tuanya. Orang tua gadis yang tertimpa reruntuhan akhirnya tewas. Pencarian korban selesai pada hari Selasa 11 Oktober 2016 sekitar pukul 01.00 dini hari.


Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab gedung apartemen runtuh. Penyebab pasti robohnya empat gedung di waktu bersamaan itu masih dalam penyelidikan.


Berdasarkan informasi yang disampaikan tim penyelamat gedung yang runtuh itu dibangun oleh penduduk desa. Disamping apartemen runtuh terdapat lima bangunan lain yang dibangun di waktu yang sama yakni pada tahun 1970-an.


Lima bangunan masih itu tetap berdiri kokoh dan tidak ikut runtuh. Namun regu penyelamat terpaksa harus menghancurkan rumah itu guna mencegah kejadian serupa.


Buruknya struktur bangunan telah menjadi masalah yang menghantui China sejak lama terlebih di wilayah pedesaan dan kota kecil. Pada Mei 2016 enam orang tewas akibat apartemen runtuh di Guizhou. Runtuhnya apartemen dikarenakan longsor terjadi.



Baca Juga : Gedung Tua di Bintaro Bekas Bank Panin Dirobohkan, Ini Rute Pengalihan Lalu Lintas

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar