Kronologi Pesawat Jatuh ‘Nyungsep’ di Ilaga Papua Karena Rem Blong, Ada Korban Jiwa ?

Loading...

Pesawat Jatuh

Copyright ©Viva

Tragedi Pesawat Jatuh menimpat Grand Caravan PK-LT yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Mimika. Pesawat terjatuh saat akan melakukan pendaratan di Bandara Amiggaru, Ilaga Kabupaten Puncak, Papua.


Kejadian yang terjadi Kamis, 13 Oktober 2016 ini sedang dioperasikan oleh Capten Joran Burhani dan Co Pilot AKP Stevanus. Keduanya merupakan operator dari penerbangan Asian One Air yang tengah melakukan tugas.


Pesawat naas ini akan melakukan pendaratan di jalur landasan Runway 25 dengan melaju ke arah tengah. Namun saat dilakukan pengereman roda bagian kiri tak dapat berfungsi dan akhirnya melaju kencang .


Saat melaju kencang pesawat tak bisa dikendalikan dan akhirnya meluncur hingga ke ujung jalur dan akhirnya terjatuh dengan posisi miring. Namun beruntung dari kejadian Pesawat Jatuh ini tak ada korban yang jatuh.


Pilot dan copilot juga berhasil diselamatkan lantas segera dibawa ke PK bandara Amiggaru. Pesawat yang jatuh dengan bagian moncong yang menyentuh tanah juga terlihat mengalami kerusakan parah pada bagian depan.


Baling-baling Pesawat Jatuh rusak dan patah kerena berhadapan langsung dengan tanah saat terjatuh. Pesawat sendiri saat itu sedang mengangkut bahan sembako untuk dibawa ke Mimika dan didistribusikan.

Pesawat JatuhCopyright ©Okezone

Barang bawaan yang berada di bagian belakang juga masih aman dan dapat diselamatkan oleh petugas. Setelah dievakuasi pengemudi dan barang bawaan yang berada di dalam pesawat naas tersebut kemudian akan dilakukan evakuasi.


Sesaat terjadi rem blong pesawat yang masih tersangkut di gundukan tersebut dijaga oleh pihak petugas. Satuan Tugas dari Paskhas juga melakukan penjagaan ketat karena pesawat masih dalam keadaan pernuh dengan bahan bakar.


Terlebih jika sampai mengenai mesin pesawat yang masih panas. Dapat menyebabkan percikan api dan membakas seluruh body dari pesawat yang sempat kehilangan keseimbangan tersebut.


Memang Pesawat Jatuh sering terjadi di Indonesia, bukan karena hanya kondisi cuaca yang buruk dan hal alam lain. Semoga dengan adanya kejadian ini dapat membuat para petugas lebih berhati-hati dalam melakukan pekerjaan yang menyangkut hajat hidup orang.



baca juga : Sempat Dikira UFO Hingga Pesawat Jatuh, LAPAN Akhirnya Ungkap Benda Misterius Jatuh di Sumenep

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar