Kuliner khas Palu yang tak boleh terlewatkan

Loading...

Kuliner khas Palu

Kuliner khas Palu © airdone /shutterstock

Kuliner Palu punya banyak kemiripan dengan kuliner khas Makassar. Namun bukan berarti Anda bisa melewatkannya. Jika ada kesempatan, cobalah beberapa sajian berikut saat melancong ke Palu, Sulawesi Tengah.

Camilan yang satu ini masih dibuat dengan cara tradisional. Alat-alat yang digunakan untuk memasak tabaro dange masih berupa tungku dan belanga dari tanah liat. Salah satu alasan untuk mempertahankan cara tersebut agar kualitasnya tetap terjaga. Tabaro dange terbuat dari campuran sagu dan kelapa parut. Isian penganan ini bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli, bisa pilih ikan atau gula merah.

Duo sale adalah teri nasi yang diberi bumbu tomat, bawang merah, dan cabai. Karena takaran bumbunya lebih banyak, makanan ini sering disebut sambal teri. Duo sale biasa disantap bersama nasi jagung atau burasa. Rasanya gurih pedas menambah selera makan.

Baca juga:  Kupat blengong khas Tegal

Makanan ini bisa dibilang mirip dengan kerak telor khas Betawi. Hanya saja, pada kerak sagu, bahan utama yang digunakan bukan beras, melainkan tepung sagu kasar dengan campuran kelapa parut dan garam. Bahan adonannya juga mirip dengan kue rangi.

Untuk membuat makanan ini, adonan sagu dituang di atas loyang datar lalu dimasak di atas perapian. Bentuk dari kerak sagu seperti kue dadar namun diberi tambahan seperti orak-arik berbahan campuran kelapa parut dan suwiran cakalang. Telur ayam atau bebek juga bisa ditambahkan bila suka. Setelah matang, kerak sagu lebih nikmat disantap dengan sambal roa.

Baca juga:  Kupat blengong khas Tegal

Wempoy juga biasa disebut sayur asam. Ini karena dalam bahasa Bugis, we artinya air dan poi artinya asam. Sederhananya, wempoy diterjemahkan menjadi air asam. Sayuran yang bisa jadi isi wempoy antara lain buah kelor, labu siam dan jantung pisang.

Kue tetu banyak dijumpai di Palu saat Ramadan. Kue berbentuk perahu ini terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur gula dan santan. Proses memasaknya dikukus dalam cetakan daun pandan. Selain rasa manis orisinal, kue tetu bisa ditambahkan rasa lain seperti durian.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar