Lembutnya cheesecake Jepang yang marak di Jakarta

0
0

Cheesecake ala Jepang biasanya lembut berhias karakter animasi

Cheesecake ala Jepang biasanya lembut berhias karakter animasi © Chuah Chiew See /Shutterstock

Cheesecake merupakan salah satu kue yang memiliki banyak penggemar.

Hal ini sebenarnya sudah berlangsung sejak awal pertama cheesecake dibuat, yaitu sekitar zaman Yunani Kuno. Kira-kira sejak dua ribu tahun sebelum masehi lamanya.

Uniknya, meski melewati banyak masa, resep cheesecake tak pernah jauh berubah. Kue lembut yang terasa seperti krim ini masih terbuat dari aneka keju seperti krim keju, misalnya seperti keju Neufchatel, keju cottage, dan keju ricotta.

Pada bagian dasar kue pun terdapat kue bertekstur kering dan renyah seperti layaknya pai (pie). Persis seperti cheesecake yang dikenal hingga saat ini.

Hanya saja, cheesecake yang dibuat ulang di banyak negara kemudian mengalami penyesuaian dengan lidah pada penikmatnya.

Di Amerika Serikat, khususnya New York, misalnya, cheesecake yang populer di kota ini merupakan campuran dari krim kental dan krim asam. Rasanya berciri khas kuat, tebal namun memiliki kelembutan krim yang konsisten.

Jangan lewatkan:  Pastry khas dari Jerman hingga Iran

Bahan dan cara membuat cheesecake di Amerika Serikat sedikit berbeda dengan yang dilakukan beberapa nama lain, termasuk Jepang.

Cheesecake ala Jepang dikenal lebih lembut dan ringan. Pun begitu, cheesecake yang ada di Negeri Sakura ini memiliki dua jenis kue yang berbeda. Ada yang berupa bolu spons superlembut yang dikenal juga dengan sebutan cheesecake kapas, ada pula yang berupa krim kental yang meleleh di mulut.

Sebagai tambahan, cheesecake ala Jepang biasanya juga terdapat gambar karakter animasi di bagian permukaannya, misalnya seperti beberapa jenama penjual cheesecake ala Jepang yang sedang marak di Jakarta berikut ini

Di Jepang, nama cheesecake buatan Pablo sangat tersohor kelezatannya.

Jangan lewatkan:  Pastry khas dari Jerman hingga Iran

Cheesecake yang baru saja menginvasi Jakarta beberapa pekan lalu ini tipe yang akan meleleh di mulut. Diselimuti dengan kulit luar yang renyah dan empuk, pada bagian atasnya terdapat lapisan karamel kuning tua yang legit saat digigit. Sedangkan di dalamnya ada cheesecake berwarna kuning pucat yang lembut dan lumer ketika masuk mulut.

Rasa gurih dan manis berpadu menjadi satu.

Tak heran jika di Jepang sana, para pembelinya rela antre hingga ke luar toko demi membeli seloyang cheesecake seharga JPY930 atau sekitar Rp116 ribu.

Tipe cheesecake dari Hokkaido Baby mirip dengan yang dibuat Pablo. Memiliki kulit yang renyah dengan isian yang lembut dan meleleh di mulut.

Bedanya, cheesecake di Hokkaido Baby memiliki rasa yang lebih manis dan juga dikemas sebentuk pie yang kecil. Hanya seukuran telapak tangan.

Jangan lewatkan:  Pastry khas dari Jerman hingga Iran

Rasanya lebih kuat pada susunya ketimbang keju. Cocok buat Anda yang menggemari camilan dengan bahan dasar susu sapi.

Jika membeli cheesecake dari Hokkaido Baby, usahakan untuk menikmatinya selagi hangat, agar bagian tengah kue masih mencair di mulut ketika dimakan.

Satu buah cheesecake Hokkaido Baby dibanderol harga Rp25 ribu.

Miki Ojisan No Mise yang berarti toko Paman Miki ini memiliki cheesecake yang lembut seperti spons. Bedanya dengan bolu spons biasa, cheesecake ini jauh lebih lembap namun sangat terasa krim kejunya.

Toko kue yang berasal dari Fukui, Jepang ini sudah berdiri sejak dua puluh tahun lalu. Kini sudah ada sekitar seratus gerai yang tersebar di seluruh wilayah Asia.

Satu potong cheesecake di sini dijual dengan harga Rp38 ribu.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis gagasan