Masuki Musim Penghujan, BPBD Tetapkan Status Jawa Timur Siaga Darurat Bencana

Loading...

Banjir

Copyright ©Surabayaonline

Badan Penanggulangan Bencana Daerah jawa Timur akan segera memberikan keputusan tentang status darurat bencana. BPBD akan segera memberikan ketetapan terhadap Jawa Timur Siaga Darurat Bencana.


Penetapan ini menyusul musim hujan yang telah terjadi di pulau paling timur di jawa ini. Saat musim hujan Jatim memang rentan dengan bencana alam terlebih saat hujan memiliki intensitas yang banyak.


Musim hujan di bulan Oktober ini sudah mendapatkan tanggapan dari BPBD Jawa Timur. Karena beberapa daerah memang rawat terjadi bencana salah satunya adalah banjir dan tanah longsor karena guyuran huan deras.


Sudarmawan yang saat ini menjabat sebagai Kepala Pelaksana BPBD Jatim ikut angkat bicara tentang penetapan Jawa Timur Siaga Darurat Bencana. “Jika dilihat prediksi BMKG, bulan ini tingkat intensitas curah hujan mencapai 100-400 milimeter sedang November 150-500 milimeter,”.

Baca juga:  Kecelakaan maut terus terjadi di Tol Cipali

Sudarmawan juga menambahkan bahwa pihaknya akan mengantisipasi bencana dengan melakukan konsolidasi dengan BPBD kab/kota di Jatim. Pihak pusat juga akan turun langsung melakukan pengecekan terhadap kelengkapan alat penolong dan logistik.

Jawa Timur Siaga Darurat BencanaCopyright ©Istimewa

Kamis, 6 Oktober sebanyak 35 BPBD di kab/kota di Jatim telah diundang ke Kantor BPBD Jawa Timur untuk menghadiri rapat koordinasi. Rakor yang diadakan membahas tentang Siaga Darurat Banjir, Longsor dan Puting Beliung yang sering terjadi saat musim hujan.


Rakor yang telah dilakukan ini juga sebagai dasar penetapan Jawa Timur Siaga Darurat Bencana ke Gubernur Soekarwo. Beberapa daerah yang telah ditetapkan siaga darudat bencana adalah Pamekasan, Blitar, Sampang dan Bondowoso.

Baca juga:  Konsep pencakar langit yang dapat mengatasi kabut asap

Namun ada beberapa kab/kota yang yang belum memiliki BPBD yaitu Surabaya, Kota Mojokerto dan Kota Blitar. Selain masalah tersebut, anggaran dana juga memiliki kendala bagi terwujudnya sarana dan prasarana untuk setiap daerah.


Namun untuk menysusul penetapan Jawa Timur Siaga Darurat Bencana, pihak BPBD akan menyiapkan kusus dalam mengantisispasi terjadinya bencana. Namun hingga saat ini pihak pemerintah kusunya BPBD belum melakukan penghitungan menyeluruh.



baca juga : Video Youtube Detik-detik Busan Korea Selatan Luluh Lantah Akibat Tsunami dan Topan Chaba !

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar