Maulwi Saelan, Saksi Mata Penderitaan dan Pengawal Terakhir Bung Karno Meninggal Dunia

Loading...

Maulwi Saelan

Copyright ©Maulwi Saelan

pengawal terakhir Bung Karno wafat pada Senin 10 Oktober 2016 pukul 18.30 WIB di RS Pusat Pertamina. Informasi mengenai wafatnya saksi mata penderitaan Presiden RI pertama itu dipastikan oleh sejarawan Bonnie Triyana.


Mantan Ketua Umum PSSI periode 1964-1970 itu sebelumnya sempat dirawat di RS Pondok Indah Jakarta Selatan selama tiga pekan. Anak keempat Maulwi Saelan, Asha Saelan mengatakan ayahnya kemudian masuk RS Pertamina pada hari raya Idul Adha.


Asha mengungkap awalnya sang ayah dirawat di kamar biasa namun belakang tim dokter memindahkannya ke ICU untuk keperluan pengambilan cairan paru-paru. Sudah hampir dua pekan Maulwi terbarig di ruang ICU hingga akhirnya tutup usia.

Baca juga:  Super Chat Alternatif Kreator Video Youtube Untuk Menghasilkan Uang Tambahan !

Maulwi Saelan adalah pengawal Bung Karno pada masa peralihan Orde Lama ke Orde Baru. Maulwi pernah menjadi Kepala Staf dan Wakil Komandan Tjakrabirawa atau saat ini disebut Paspampres.


Pria kelahiran Makassar 8 Agustus 1926 itu selalu di ring 1 Bung Karno saat-saat kritis dalam masa peralihan kekuasan yakni pada tahun 1965-1966. Selang beberapa lama setelah peristiwa G 30S tahun 1965, ring satu pengawal Bung Karno disingkirkan.


Lima belas menteri dalam Kabinet Dwikora ditangkap. Awalnya pengawalan pada Bung Karno dikurangi sebelum akhirnya ditiadakan. Bahkan Presiden sudah tidak diperolehkan lagi menggunakan helikopter dan hanya diperbolehkan menggunakan mobil.

Baca juga:  Mahaka Masih Diskusi dengan PSSI, 20 Tim Ini Siap Ramaikan Piala Presiden 2017 !
Ilustrasi JasadFoto Copyright © Ilustrasi Jasad

Maulwi Saelan menjadi saksi mata dalam setiap pendirataan yang dialami Bung Karno. Setelah dibubarkannya Tjakrabirawa pada tahun 1967, pengawalan Bung Karno diserahkan pada Polisi Militer yang pro Soeharto. Keperluan pribadi Presiden ditangani oleh detasemen Kawal Pribadi (DKP).


Detasemen itu sudah berdiri sejak awal mula kepresidenan Bung Karno. Mangil Martowidjojo adalah pemimpin DKP yang bertugas seperti seperti biasa.


Sebelum akhirnya wafat, Maulwi Saelan menceritakan segala penderitaan yang dialami oleh Bung Karno. Maulwi sangat kecewa dengan pengakuan Bambang Widjarnako yang menyebut Bung Karno terlibat G 30S//PKI.



Baca Juga : Berita Wafatnya Suparji Mendadak Viral di Dunia Maya, Siapakah Dia ?

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar