Mobil yang sedot perhatian di Paris Motor Show 2016

Loading...

Suasana dalam ajang dwi tahunan Paris Motor Show yang berlangsung 1-16 Oktober 2016.

Suasana dalam ajang dwi tahunan Paris Motor Show yang berlangsung 1-16 Oktober 2016. © Ian Langsdon /EPA

Salah satu pameran otomotif terbesar di dunia, Mondial de l’Automobile atau Paris Motor Show, akan berakhir pada Minggu (16/10/2016), setelah berlangsung selama dua pekan.

Meski beberapa jenama populer, seperti Ford, Lamborghini, dan Volvo, memutuskan untuk tidak berpartisipasi pada edisi 2016 ini, kemeriahan pameran dwi tahunan yang sudah berlangsung sejak 1898 itu tak lantas surut.

Tahun ini, pembicaraan mengenai kendaraan bertenaga listrik dan swakemudi mendominasi, bahkan beberapa manufaktur seperti Volkswagen, Mercedes, Smart menampilkan mobil-mobil konsep yang bisa menjadi ujung tombak penjualan mereka di masa datang.

Namun, masih butuh waktu sebelum mobil-mobil konsep tersebut diproduksi penuh, diperkirakan paling cepat baru pada tahun 2020 kita akan melihatnya di jalanan.

Oleh karena itu, kali ini kami suguhkan beberapa mobil yang banyak diperhatikan pengunjung Paris Motor Show 2016 serta sudah siap diproduksi dan diluncurkan paling lambat dalam dua tahun mendatang.

Renault Zoe dipamerkan di Paris Motor Show. Renault Zoe dipamerkan di Paris Motor Show. © Michel Euler /AP Photo

“(Mobil) Ini bukan dalam empat tahun mendatang. Ini sekarang, ini nyata,” kata CEO Renault-Nissan Carlos Ghosn saat memperkenalkan Zoe terbaru di Paris, seperti dikutip The Telegraph. Perkataan Ghosn itu seperti menyindir deretan konsep mobil listrik yang dipamerkan pemanufaktur lainnya.

Renault telah memproduksi mobil listrik supermini ini sejak 2012 dan edisi terbaru Zoe tersebut hadir dengan baterai lithium-ion baru berdaya 41kWh –naik dari 22kWh pada seri sebelumnya– yang menambah jarak tempuh dari 254km menjadi 400km.

Penambahan daya baterai tersebut, klaim Renault, sama sekali tidak mengubah waktu pengisian daya dari nol hingga penuh –hingga 4 jam menggunakan alat cas berdaya 7kW.

Baca juga:  Mengintip Spesifikasi dan Harga Innova Venturer yang Baru Meluncur !

Zoe versi lama termasuk laris di Eropa, mencapai angka penjualan 50.000 unit pada Juli 2016.

Ferrari LaFerrari Aperta menawarkan rasa berkendara seperti mobil Formula 1. Ferrari LaFerrari Aperta menawarkan rasa berkendara seperti mobil Formula 1. © Christophe Ena /AP Photo

Ferrari menyatakan supercar edisi terbatas ini menawarkan pengalaman berkendara dengan atap terbuka mirip mobil Formula 1.

Aperta adalah versi convertibel (atap yang bisa dibuka) dari Laferrari coupe yang diperkenalkan pada 2013.

Mesin hybrid yang digunakan masih sama, V12 6.262 cc yang mampu menghasilkan tenaga 800 hp. Karena ini adalah mobil hybrid, mesin bensin itu dibantu oleh motor listrik 120 kW yang membuat total tenaga Laferrari Aperta menjadi 960 hp.

Hanya dibutuhkan waktu kurang dari tiga detik untuk berakselerasi dari 0-100km/jam, sementara kecepatan tertinggi mencapai 350km/jam.

Walau berjalan kencang dengan atap terbuka, Ferrari menjamin dua orang di dalamnya masih bisa berbincang-bincang dengan normal.

Ferrari, mengutip Autoblog, hanya memproduksi 209 buah Laferrari Aperta. Sebanyak 200 unit dijual kepada umum dan sudah habis dipesan, sembilan sisanya akan digunakan Ferrari untuk keperluan pameran tahun depan.

Perusahaan Italia ini tidak mengungkap harganya, namun lamanTopSpeed memperkirakan sekitar USD3,4 juta (Rp44,23 miliar).

Awak media tengah memperhatikan Land Rover Discovery 7 di Paris Motor Show, 29 September 2016. Awak media tengah memperhatikan Land Rover Discovery 7 di Paris Motor Show, 29 September 2016. © Michel Euler /AP Photo

Inilah Discovery yang benar-benar baru dalam 12 tahun terakhir.

Land Rover menawarkan tiga pilihan mesin, yakni 2.0-liter SD4 turbodiesel (237hp), 3.0-liter Td6 turbodiesel V6 (254hp), dan 3.0-liter Si6 supercharged peetrol V6 (335hp). Di Inggris Raya mobil ini dibanderol mulai GBP43.395 (Rp690 juta) hingga GBP68.295 (Rp1,08 miliar).

Seri kelima dari keluarga Discovery ini, menurut Car, bisa menampung 5 penumpang dan menyediakan enam tempat untuk mengecas gawai dan hotspot 3G Wi-Fi yang bisa melayani delapan perangkat elektronik.

Baca juga:  Herannya Ahok Saat dengar Pertanyaan Jaksa Kepada Saksi !

Hal lain yang menarik pada Discovery 5 ini adalah teknologi baru yang disebut Intelligent Seat Fold. Melalui fitur ini, pengguna mobil bisa mengatur posisi kursi mobil dari jarak jauh menggunakan aplikasi yang tersedia di Android dan iOS.

Hyundai i30 berupaya untuk bersaing di kelas premium hatch di Eropa. Hyundai i30 berupaya untuk bersaing di kelas premium hatch di Eropa. © Ian Langsdon /EPA

Generasi ketiga dari i30 ini merupakan bukti bahwa pabrik Korea Selatan, Hyundai, tak gentar untuk bersaing pada kelas premium hatch di Eropa. Wakil Presiden Hyundai Eropa, Jochen Sengpiehl, dikutip laman motoring, menyatakan inilah “mobil rakyat” baru di Benua Biru itu.

Keseriusan Hyundai dibuktikan dengan melakukan perancangan, pengembangan, dan percobaan i30 di Eropa.

Ada tiga mesin bensin (1.4-liter MPI, 1.0-liter, dan 1.4-liter T-GDI turbocharged) dan mesin diesel 1.6 liter turbocharged yang disetel menjadi tiga varian, yang ditawarkan Hyunda untuk mobil yang bakal mulai dijual pada awal 2017 ini.

Tentu waktu yang akan membuktikan apakah ucapan Sengpiehl itu bakal menjadi kenyataan, mengingat persaingan kelas mini hatchback di Eropa cukup ketat.

Dua model membuka selubung Porsche Panamera 4 e hybrid di Paris Motor Show 2016. Dua model membuka selubung Porsche Panamera 4 e hybrid di Paris Motor Show 2016. © Michel Euler /AP Photo

Mobil sport yang senyaman sedan. Itulah yang ingin dicapai Porsche saat membangun Panamera 4 E-Hybrid.

Menurut Top Gear, desain Panamera terbaru ini lebih menarik dibandingkan pendahulunya dan berpenggerak empat roda, bukan berpenggerak roda belakang seperti generasi sebelumnya.

Panamera 4 E-Hybrid juga menggunakan teknologi motor listrik yang dipakai saudaranya, supercar Porsche 918 Spyder, yang secara konstan menambahkan tenaga. Akselerasi 0-100 km/jam dicapai hanya 4,6 detik dan kecepatan maksimal 270 km/jam.

Jika hanya menggunakan mesin listrik, mobil ini bisa menempuh jarak 50km.

Panamera 4 E-Hybrid dibanderol EUR110.222 atau sekitar Rp1,6 miliar di Prancis.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar