Pameran mobil bertema Nusantara di Indonesia Diecast Expo 2016

Loading...

Indonesia Diecast Expo (IDE) 2016 digelar pada2 9-30 Oktober 2016 di Balai Kartini, Jakarta. IDE merupakan ajang pamer koleksi diecaster dari 60 komunitas dan dimeriahkan oleh 80 gerai diecast.

Indonesia Diecast Expo (IDE) 2016 digelar pada2 9-30 Oktober 2016 di Balai Kartini, Jakarta. IDE merupakan ajang pamer koleksi diecaster dari 60 komunitas dan dimeriahkan oleh 80 gerai diecast. © Agustina Rasyida /Beritagar.id

Ajang pertemuan kolektor dan pencinta diecast kembali digelar, Indonesia Diecast Expo (IDE). Dengan mengusung tema Japan Domestic Market (JDM), IDE akan memanjakan mata pengunjung dengan deretan mobil-mobil Jepang berukuran mini. Meski demikian ada panitia juga menyediakan diecast edisi terbatas bertema Nusantara.

“Pada dasarnya, Jepang merupakan kiblat industri diecast. Banyak diecaster Indonesia yang kiblatnya ke Japanese style, mereka mengoleksi mobil-mobil produksi perusahaan Jepang,” ujar Arya Lembana, Ketua Penyelenggara IDE 2016, saat konferensi pers pada Rabu (12/10/2016) di Jakarta.

Kegiatan yang telah terselenggara ketiga kalinya tersebut memiliki serangkaian acara untuk kolektor sekaligus keluarga. Acara meliputi Display Koleksi, yaitu wadah bagi kolektor dan komunitas diecast memamerkan koleksi mereka –lebih dari 60 komunitas. Koleksi bertema JDM yang akan dipamerkan, antara lain edisi khusus Hot Wheels Mooneyes, dan Diecast Race, balapan diecast berjenis mobil reguler hingga Monster Jam. Diorama, memperlihatkan koleksi diecast transportasi dalam bentuk diorama. Sebagian besar diorama menampilkan diecast kereta api, namun dilengkapi beberapa jenis pesawat terbang, motor, serta kendaraan militer. Ada pula peluncuran Majalah Diecast Indonesia (MDI), arena bermain Thomas and Friends, serta tersedia gerai penjualan diecast.

“Saya jadi penjual sejak 10 tahun lalu. Awalnya jual offline, dari bawa 10 diecast menjadi 20 diecast, lama-lama semakin berkembang, sekarang ada online-nya juga,” kata Sari Handayani, pemilik gerai diecast yang fokus pada penjualan Hot Wheels.

Salah satu diecast edisi khusus yang akan dilelang. Diecast ini dilukis oleh customizer Fathur Rohim. Salah satu diecast edisi khusus yang akan dilelang. Diecast ini dilukis oleh customizer Fathur Rohim.

Selain itu, IDE 2016 juga menyelenggarakan Custom Competition dan Lelang Amal. Kompetisi diecast modifikasi menampilkan kepiawaian dan kreativitas customizer Tanah Air. Panitia menyediakan tujuh Hot Wheels edisi khusus, yaitu diecast yang dilukis ornamen khas Indonesia oleh customizer Fathur Rohim. Jika tahun lalu tema mengambil Kalimantan dan Bali, tahun ini bertema Batak, Jawa, Madura, Minang, Kalimantan, dan Bali. Penggunaan tema Nusantara, lanjut Arya, sebagai bagian promosi pariwisata Indonesia karena IDE didukung program Enjoy Jakarta. Selanjutnya, ketujuh Hot Wheels edisi khusus tersebut akan dilelang dan hasilnya disumbangkan kepada Aksi 1000 Mainan.

“IDE tahun ini mempunyai segmen untuk anak-anak dan perempuan. Kami ingin menegaskan bahwa diecast bukan didominasi oleh laki-laki, perempuan juga banyak yang jadi kolektor,” terang om Arya –sapaan akrab di komunitas diecast.

Dalam konferensi pers, Arya juga mengenalkan diecaster perempuan. Mereka adalah Sabrina dan Kathy Katherina. “IDE ini seperti lebarannya diecaster Indonesia. Untuk seorang kolektor, diecast itu priceless. Jadi satu barang langka nggak bisa dihargai dengan uang. Kalau sudah suka akan saya kejar,” cerita Sabrina, diecaster yang fokus pada Ford Fiesta skala 1:64 dari Hot Wheels.

IDE 2016 akan diadakan di Balai Kartini, Jakarta, pada 29-30 Oktober 2016. Tiket IDE dibanderol Rp30 ribu dan dapat dibeli langsung maupun di Indomaret. Selamat berburu diecast.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar