Publikasi paten di Jepang munculkan BMW i5

Loading...

Sebuah gambar dari mobil konsep BMW generasi "i series".

Sebuah gambar dari mobil konsep BMW generasi “i series”. © BMW

Saat mata dunia tengah menikmati konsep SUV BMW X2 yang dipamerkan di lantai Paris Motor Show (PMS) 2016, sebuah gambar paten BMW muncul di Jepang dengan penyematan kode “i”.

Mengutip Autoguide (3/10/2016), mobil tersebut dikatakan mungkin saja dilahirkan untuk menambah anggota keluarga i series, yang mengusung nama BMW i5, seperti rumor yang kencang beredar sebelumnya.

Kode “i” pada jenama negeri Bavarian tersebut memang merupakan penanda produk yang mengambil basis tenaga listrik.

Ada dua mobil bertenaga listrik yang sudah diperkenalkan BMW, yakni model i3 yang dipamerkan di PMS 2014, dan model i8 yang mendapatkan penghargaan International Engine of The Year 2015.

Mobil listrik BMW i3 yang dipamerkan di ajang Paris Motor Show 2014. Mobil listrik BMW i3 yang dipamerkan di ajang Paris Motor Show 2014. © Daniel Karmann /EPA

Paten gambar i5 telah didaftarkan BMW pada awal tahun ini, tepatnya di bulan April. Namun baru dirilis pada Oktober ini.

Secara fisik gambar paten tersebut terlihat mirip dengan model i3, tapi lebih ramping dengan kelengkapan empat pintu. Media lokal Autonetmagz menilai ada kemiripan antara desain yang dipatenkan BMW ini dengan Model X, SUV produksi Tesla.

Memang sejak tahun lalu, banyak rumor dan spekulasi perihal BMW i5 ini. Pada akhir Desember tahun lalu, ada laporan yang mengatakan kalau mobil ini sedang digarap dalam tahap akhir yang menyentuh sektor desain fisik.

BMW Project i20

Pada Agustus, laman Automobile menulis bahwa para insinyur BMW di Munich tengah mengerjakan sebuah program yang disebut Project i20, atau disebut juga iNext oleh kalangan internal.

Proyek besar itu bertujuan mendorong produksi mobil masa depan berbasis tenaga listrik dan mobil yang akan diberi nama i5 atau i6 akan menjadi produk pertamanya.

Selain mengemas tenaga listrik murni, mobil-mobil ini juga dikabarkan BMWBlog memiliki kemampuan otonom paling maju dari yang pernah diciptakan BMW.

Mobil yang diciptakan oleh Project i20 juga akan berbasis pada struktur paduan aluminium dan baja yang dipadukan dengan fiber karbon. BMW tidak lagi menggunakan konstruksi ringan seperti yang digunakan untuk i3 dan i8 karena biaya produksinya terlalu tinggi.

Kendaraan listrik itu akan memiliki pilihan mesin yang mengeluarkan tenaga 136 hp hingga 274 hp, penggerak empat roda, dan pusat gravitasi yang rendah.

Pendeknya, mobil itu akan menjadi i3 yang lebih besar, cantik, dan aerodinamis.

Kepala divisi penjualan dan pemasaran BMW, Ian Robertson, dikutip hybridCARS (4/10) mengatakan bahwa BMW i5 akan menjadi pesaing Tesla Model 3.

Model 3 baru akan melintas aspal pada akhir 2017 namun hingga Oktober, Tesla sudah menerima sekitar 400.000 pesanan.

Jumlah tersebut jauh dari angka penjualan BMW i3 yang mencapai total 29.345 unit di Eropa dan 22.488 unit di Amerika Serikat, sejak diperkenalkan pada 2013 hingga Agustus 2016.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar