Risma Nangis Dapat Penghargaan di Forum PBB

0
0

Tri Rismaharini menerima penghargaan sebagai alumni internasional terbaik dari Institute for Housing and Urban Development Studies (IHS).

547840_620

Penghargaan itu diserahkan oleh utusan khusus Perwakilan Kerajaan Belanda Henk Ovink di sela-sela rangkaian forum Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa “UN Habitat III” di Quito Ekuador, Senin malam (17 Oktober 2016). Risma awalnya tampak sumringah menerima penghargaan.

Namun saat diberi kesempatan menyampaikan sepatah-dua kata, raut wajah Wali Kota Surabaya itu berubah. Ia tak kuasa membendung air matanya, sehingga tetes air mata membasahi pipinya. Risma terkenang perjuangannya saat menempuh pendidikan jurusan Urban Development di IHS Rotterdam Belanda, hingga akhirnya sekarang bisa menjadi Wali Kota Surabaya.

“Perjuangan menjadi wali kota tidak mudah. Banyak hambatan dan tanggung jawab yang harus dipikul sangat berat” ungkap Risma dengan nana bergetar.

IHS Alumni International Awards diberikan kepada para ‘jebolan’ IHS yang dinilai berprestasi dan mampu membawa perubahan positif di lingkup tempat kerjanya. Tahun ini Risma dinobatkan sebagai pemenang utama IHS Alumni Internasional Awards.

Jangan lewatkan:  Berita Hari Ini: Mengintip Persiapan Jelang Sidang Perdana Ahok, Dari Pengamanan Sampai Majelis Sidang !

Pada kesempatan itu, Risma juga menceritakan berbagai gagasannya membangun Pemerintah Kota Surabaya dengan sistem e-government dan sistem e-procurement atau sistem lelang berbasis elektronik.  Kala itu banyak tekanan, intimidasi dan ancaman kepada dirinya termasuk ancaman akan dibunuh yang dialamatkan kepada keluarganya.

Suasana haru berubah menjadi ceria ketika Risma menceritakan kenangannya semasa menimba ilmu di IHS pada 1996. Pada saat ada waktu luang, Risma mengaku sering menggunakannya untuk bermain game Sims City (Permainan membangun kota).

“Jadi, saya tetap belajar dan berlatih tentang tata kota melalui game itu” kata Risma.

Bagikan dengan cinta...

Tulis gagasan