Rudal R-27 Dan R-73, Senjata Mematikan Su-27

Loading...

Beberapa waktu lalu, Su-27 Rusia dituduh masuk wilayah udara Finlandia selama satu menit. Angkatan Udara Finladia sempat mengirimkan pesawat tempur F/A -18 Hornet untuk mengidentifikasi pesawat yang menyusup.

Menurut Finladia, Su-27 Rusia yang menerobos wilayah udara Finladia dipersenjatai dengan rudal udara-ke-udara R-27 dan R-73.

Pihak Rusia tidak membantah Su-27 miliknya dipersenjatai karena pada saat itu sedang melakukan latihan perang, namun penerbangan yang dilakukan sudah sesuai dengan jalur yang sudah ditetapkan.

r-77-adder-launch-1

Sebagai pesawat tempur superioritas udara, Su-27 menggotong senjata rudal-udara-ke-udara lebih banyak daripada persenjataan lain. Dua rudal standar yang melekat pada Su-27 adalah rudal jarak medium R-27 ‘Alamo’ dan rudal jarak dekat R-73 ‘Archer’.

Baca juga:  Kapal Selam TNI Masa Depan

R-27 ‘Alamo’ terdiri dari berbagai varian, R-27 T standar dengan sistem bimbingan inframerah memiliki jangkauan 70 km, sedangkan salah satu varian termutakhir R-27EP ’Alamo D’ dengan sistem bimbingan passive anti-radiation memiliki jangkauan 130 km.

Vympel R-73 ‘Archer’ adalah rudal udara ke udara pencari panas inframerah jarak dekat dengan jangkauan 30 km. Rudal dirancang untuk bisa merontokkan hampir semua jenis pesawat tempur mutakhir, drone dan rudal jelajah.

R-73 varian terbaru bahkan sangat mematikan karena menggunakan sistem bimbingan dan penargetan yang unik. Rudal memiliki passive infrared homing head yang mampu mengunci target sebelum peluncuran sehingga rudal mampu melacak dan merontokkan target walaupun musuh menggunakan sistem peperangan elektronik.

Baca juga:  Filipina Protes Senjata Anti-Pesawat dan Anti-Peluru Kendali di Pulau Buatan

Ada fitur rahasia yang ditanamkan pada rudal R-73 varian terbaru yang membuatnya sangat akurat dalam merontokkan targetnya, fitur yang disebut Transverse Control Engine, yang bertugas menghitung jarak lintasan saat pendekatan akhir secara tepat. Transverse Control Engine pada R-73 diklaim tidak ada duanya di dunia.

Jakartagreater

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar