Rumpu rampe sayur khas NTT

Loading...

Ilustrasi bunga pepaya, bahan utama rumpu rampe, sajian khas NTT.

Ilustrasi bunga pepaya, bahan utama rumpu rampe, sajian khas NTT. © Airdone /Shutterstock

Bunga pepaya dikenal akan rasanya yang pahit. Meskipun demikian ternyata banyak juga orang yang mengolahnya menjadi masakan yang sedap tanpa rasa pahit.

Ya, sesuatu yang rasanya pahit tak selamanya menjadi pahit. Persis seperti filosofi hidup yang dipercaya oleh mayoritas masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT). Dilansir Basodara, di NTT para nenek moyang menurunkan filosofi ini secara turun temurun.

Hal tersebut mengajarkan bahwa selalu ada hal baik yang bisa kita peroleh dari setiap persoalan hidup yang kita alami, sekalipun yang kita alami adalah sesuatu yang buruk. Inilah yang kemudian dipegang oleh masyarakat NTT dari masa ke masa.

Filosofi tersebut secara logika bisa saja diterjemahkan lewat rasa masakan ini. Lewat proses pemasakan, rasa bunga pepaya yang pahit memang bisa diubah menjadi lebih gurih.

Misalnya seperti olahan bunga pepaya bernama rumpu rampe yang jadi santapan khas masyarakat Flores dan sekitarnya ini. Yang membuatnya lebih sedap, rumpu rampe tak hanya berisi bunga pepaya, masakan bercita rasa gurih dan sedikit pedas ini juga dicampur dengan daun singkong, jantung pisang dan ikan asap.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Menurut resep dari Femina, Anda hanya memerlukan bunga pepaya, jantung pisang yang telah diiris tipis dan daun singkong. Rebus semua bahan hingga lunak. Merebus bunga pepaya bersamaan dengan daun singkong merupakan salah satu cara untuk mengurangi rasa pahit pada bunga pepaya. Cara ini juga ampuh untuk mengolah daun pepaya.

Sebagai bumbu, Anda bisa menggunakan garam, bawang merah, bawang putih, rawit merah, tomat dan terasi. Jumlah cabai bisa disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang Anda inginkan. Jika ingin menambah keharumannya, Anda juga bisa memasukkan jahe, lengkuas, daun jeruk dan serai ke dalam daftar bumbu.

Untuk mengolah masakan ini, Anda tinggal memanaskan minyak sayur, lalu tumis bumbu yang telah digiling hingga harum. Setelahnya, masukkan bunga pepaya, daun singkong dan jantung pepaya. Tambahkan ikan asap atau ikan teri sesuai selera. Masak hingga sayuran agak layu.

Tak hanya lezat, bunga kecil berwarna kehijauan ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain:

Baik bagi jantung

Rasanya yang pahit ternyata disebabkan oleh kandungan Alkaloid Carpein atau C14H25No2. Senyawa ini ditemukan oleh Dr. Carpein di tahun 1980. Berdasarkan penelitian lanjutan, terbukti bahwa zat alkaloid carpein ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung.

Melancarkan pencernaan

Kandungan dalam bunga pepaya seperti tannin membantu organ-organ pencernaan di dalam tubuh, untuk melakukan fungsinya dengan optimal. Kandungan gizi di dalam bunga pepaya yang membantu fungsi organ pencernaan ini, akan membuat metabolisme tubuh pun menjadi lebih lancar.

Menurunkan berat badan

Mirip dengan daun pepaya, bunganya juga banyak mengandung serat serta vitamin A, B dan C. Mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu membuat perut lebih kenyang dan pencernaan lebih lancar. Rutin mengonsumsinya akan menjauhkan Anda dari camilan tak sehat yang dapat menambah bobot tubuh.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Related posts