Sabar, Jadwal Rekrutmen CPNS Jalur Umum dan Honorer Ditunda Lagi ?

Loading...

PNS

Copyright PNS

 Rekrutmen CPNS jalur umum dan honorer dipastikan ditunda. Keputusan ini menyusul amanat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).


Orang nomor satu di Indonesia itu telah meminta rekrutmen ataupun pengangkatan CPNS ditunda sementara. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa presiden sudah setuju dengan formasi jabatan strategis seperti tenaga pendidik, tenaga kesehatan, penegak hukum dan lulusan sekolah ikatan dinas untuk diangkat CPNS.


Bima menyebut sebagian besar sudah menyelesaikan tahapan rekrutmen, tapi proses pengangkatan baik pengumuman hingga pemberkasan ditunda. Bima menegaskan penundaan berlaku untuk jalur umum maupun honorer.


Adanya penundaan perekrutan ini menjawab kenapa pengumuman seleksi CPNS dari bidan PTT ataupun guru garus depan (GGD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan belum keluar. Pada jalur honorer di biidang penyuluh pertanian pengumumannya juga ditunda sampai batas waktu tidak ditentukan padahal sudah menjalani tes.


Bima menuturkan tidak masalah jika sudah di tes. Karena saat diumumkan otomatis sudah proses pengangkatan CPNS jalan mulai dari pemberkasan, penetapan NIP dan SK. Jadi menurtnya negara sudah harus menganggarkan gaji mereka.

CPNSCopyright ©CPNS

Sementara untuk jalur umum sebanyak tiga belas ribu orang sudah diusulkan untuk instansi pusat dan posisi yang strategis. Bima menjelaskan dari 13 ribu orang, 2000 diantaranya akan dikhususkan untuk mereka lulusan cumlaude dari perguruan tinggi terbaik.


Bima menilai dari jalur umum yang akan menempati posisi strategis itu mendukung program nawacita. Namun Bima mengaku tidak bisa berkata atau berbuat apapun karena presiden sudah memberikan amanat dan meminta pengadaan CPNS ditunda sementara waktu.


Alasan ditundanya rekrutmen ataupun pengangkatan CPNS baik jalur umum maupun honorer adalah karena dinilai akan membebani anggaran negara. Bima menyebut saat ini saja sudah ada 4,5 juta PNS di seluruh Indonesia, dimana gaji mereka harus dibayar oleh negara.



Baca Juga : Meski Tak Naik Gaji, PNS dan TNI Dipastikan Dapat Kenaikan Uang Makan. Jadi Berapa ?

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Related posts