Sejarah Singkat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Loading...

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Para Perwira TNI yang menjadi Korban keganasan G-30S PKI kemudian di beri gelar Pahlawan Revolusi

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober – Hari ini Sabtu tanggal 1 Okrober 2016 di peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Untuk memperingati hari yeng bersejarah bagi bangsa Indonesia ini, biasanya di setiap Instansi pemerintah dilakuakan upacara.

Sementara untuk tingkat Nasional biasanya Upacara dilaksanakan di Lubang Buaya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ini lahir karena peristiwa 30 September 1965 atau yang lebih dikenal dengan istilah G-30S PKI (Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia).

Dimana tujuh jenderal senior dan beberapa orang lainnya dibunuh secara sadis oleh PKI (Partai Komunis Indonesia) dalam upaya kudeta untuk menghancurkan Pancasila.

Baca juga:  Ramai-ramai menangkal berita hoax

Operasi tersebut dilakukan oleh para pengawal istana (Cakrabirawa) yang menjadi antek PKI dan pada saat itu dipimpin oleh Letkol. Untung, sementara pimpinan pusat PKI adalah DN Aidit.

Tujuh Jenderal Korban Keganasan PKI :

Panglima Angkatan Darat Letjen TNI Ahmad YaniMayjen TNI R. SupraptoMayjen TNI M.T. HaryonoMayjen TNI Siswondo ParmanBrigjen TNI DI PanjaitanBrigjen TNI Sutoyo SiswomiharjoBrigjen Katamso Darmokusumo

Jenderal TNI A.H. Nasution juga menjadi target PKI saat itu, namun beruntung ia bisa melarikan diri, namun putri tercinta Ade Irma Suryani Nasution dan Ajudannya Lettu Piere Tendean tewas dalam upaya pembunuhan tersebut.

Baca juga:  Begini Gaya liburan pejabat DKI Jakarta

Selain ke-enam Jenderal dan putri serta Ajudan Jenderal TNI A.H. Nasution yang di bunuh, ada juga beberapa perwira TNI yang menjadi korban keganasan G-30S PKI yang di pimpin oleh Letkol Untung. Berikut adalah Nama Perwira tersebut :

AIP Karel Satsuit TubunKolonel Sugiono

Para Jenderal dan perwira tersebut kemudian di anugerahi sebagai Pahlawan Revolusi. Berkat keteguhan para Jenderal yang di bunuh tersebut Pancasila hingga saat ini kokoh menjadi Ideologi dasar bangsa dan rakyat Indonesia.

Maka dari itu setiap tanggal 1 Oktober di tetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar