Seperti apa motor masa depan BMW?

Loading...

BMW Motorrad Vision Next 100, motor masa depan BMW

BMW Motorrad Vision Next 100, motor masa depan BMW /Bmw-motorrad.com

Sepeda motor dengan kecanggihan perangkat navigasi dan fitur keamanan tingkat tinggi seperti biasa ada dalam film fiksi sains segera menjadi kenyataan. BMW segera mewujudkannya.


Jenama asal Jerman BMW Motorrad memperkenalkan BMW Motorrad Vision Next 100 di Los Angeles, California, AS, dalam acara “Iconic Impulses. The BMW Group Future Experience”, Selasa (11/10/2016).


Motor dengan desain sangat radikal tersebut juga satu dari empat produk kendaraan masa depan Grup BMW. Dua kendaraan lainnya dalam rangka merayakan usia seabad BMW itu adalah Mini dan Rolls Royce.


“Kami selalu bertujuan menciptakan sebuah kendaraan yang sangat pribadi. Akan selalu ada hubungan sangat erat antara BMW dan pengendaranya,” demikian kata Karim Habib, kepala desainer BMW Automobile.


jajajaran produk kendaraan listrik otonom masa depan BMW

jajajaran produk kendaraan listrik otonom masa depan BMW /Bmwgroup.com

Menurut Designboom yang hadir dalam pameran di atas, model rangka segitiga motor otonom berbasis listrik ini dipengaruhi rangka produk R32 keluaran 1923. BMW menyebutnya dengan Flexframe.

Baca juga:  Triumph Street Triple keluar dengan mesin baru 765cc

Rangkanya cukup bersih dan mengalir tanpa ada potongan atau hambatan apapun. Dengan desain rangka seperti itu, Motorrad Vision Next 100 ini menjadi lebih gamblang dilihat dari samping (naked bike).


Sebagai motor masa depan, tentu saja punya sejumlah fitur kecerdasan yang dinamis. Misalnya fitur self-driving dan self-balancing.


Dia membantu pengendara mengantisipasi rintangan di depan dan kemudian memberi tahu kebutuhan aksi pengendara. Jadi fitur ini seolah menawarkan gerak motor sesuai keinginan pengendara dan perlindungan lengkap–pengendara tidak membutuhkan helm dan pelindung tubuh.


“Saat kami mengembangkan sepeda motor, biasanya kami cenderung berpikir lima sampai 10 tahun ke depan. Kami melihat jauh ke depan dan menemukan pengalaman yang menarik,” ujar Edgar Heinrich, kepala desain BMW Motorrad, yang menyebut Vision Next 100 adalah skenario masa depan motor BMW.

The BMW Motorrad VISION NEXT 100 © BMW Motorrad

Sementara Morebikes dan MCN menyimpulkan dua hal lain setelah BMW Motorrad mengunggah video resmi (11/10).


Pertama, meningkatkan kepercayaan diri pengendara. Kedua, meningkatkan pengalaman dan keterampilan pengendara.


Atau merujuk pernyataan Heinrich, “Ini akan mengangkat pengendara ke level yang lebih tinggi.”

Baca juga:  Berita Terbaru Hari Ini: Perbedaan New Honda Mobilio 2017 dengan Honda Mobilio Terdahulu

Pengendalian motor akan dibantu fitur otomatis yang menyesuaikan keinginan pengendara. Layar monitor di bagian kemudi akan mengarahkan (navigasi) Anda pada tujuan yang diinginkan.


Lalu desain motor ini seolah perwujudan silang antara motor Batpod dan Tron Lightbikes. Dua ban besar pada motor ini juga berfungsi sebagai suspensi peredam getaran.


Dengan leburan warna hitam, unsur klasik motor ini justru menonjol. Meski begitu beberapa bagiannya diliputi komponen berbahan karbon.

Kacamata khusus yang disematkan pengendara Kacamata khusus yang disematkan pengendara /Bmwmotorrad.com

Tidak lupa pengendara menggunakan kacamata khusus. Tapi itu bukan sekadar kacamata biasa.


Melalui kacamata itu, pengendara dapat melihat keadaan sekeliling, menerima peringatan dini dan mengantisipasi laju motor sesuai kondisi jalan yang ada.


“Sepeda motor ini memiliki berbagai macam data yang terhubung dari lingkungannya dan seperangkat sistem cerdas yang bekerja di latar belakang sehingga tahu persis apa yang ada di depan. Dengan menjaring data, dia dapat menyarankan atau memperingatkan pengendara soal bahaya di depan,” jelas Holger Hampf, kepala user experience grup BMW.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar