Siapa pebalap baru yang masuk barisan MotoGP 2017?

0
0

Kareal Abraham (kiri) kembali ke MotoGP dan melengkapi barisan pebalap musim 2017.

Kareal Abraham (kiri) kembali ke MotoGP dan melengkapi barisan pebalap musim 2017. © EPA

Pebalap Karel Abraham kembali ke ajang MotoGP setelah setahun terakhir berkarier di ajang SuperBike. Pebalap asal Republik Ceko itu melengkapi barisan (line-up) pebalap MotoGP musim 2017 dengan membela tim Aspar Ducati.

Abraham, 26 tahun, menggantikan Yonny Hernandez yang kontraknya tidak diperpanjang. Abraham bakal bersanding dengan pebalap Alvaro Bautista.

Pebalap dari Spanyol itu pindah dari tim Aprilia. Sedangkan Abraham datang dari tim BMW SuperBike. Pertanyaannya; apakah Abraham bisa kembali akrab secara cepat dengan MotoGP?

“Saya mulai berusaha ketika tahu ada kemungkinan (kembali ke MotoGP). Saya sangat senang karena Ducati adalah motor favorit saya…,” ujar Abraham, yang pernah membela tim Ducati pada musim 2011 dan 2012, dikutip Crash.net, Selasa (18/10/2016).

Abraham tidak dipertahankan BMW karena gagal memenuhi harapan di SuperBike. Pada 11 dari 13 seri balapan yang direncanakan musim ini, pebalap yang pernah lima tahun berkarier di MotoGP itu tak pernah finis di atas posisi sembilan.

Tempatnya di tim BMW akan diisi Eugene Laverty yang kembali setelah dua musim membalap di MotoGP. Laverty, yang 33 kali naik podium SuperBike, akan ditemani Lorenzo Savadori Karel+Abraham” target=”_blank”>yang menggusur Josh Brookes.

Bila Laverty sudah pasti kembali ke SuperBike, Yonny Hernandez–pebalap asal Kolombia–belum ketahuan nasibnya. Sedangkan Stefan Bradl yang tergusur dari tim Aprilia Gresini juga akan pindah ke tim Honda SuperBike.

Sementara direktur Aspar, Jorge Martinez, menyambut gembira kehadiran Abraham. Martinez mengungkapkan alasan perekrutan Abraham, yaitu “masih muda, berpengalaman di MotoGP, dan pernah memperkuat Ducati.”

“Semoga kami bisa memberi kru dan motor yang berkualitas (kepadanya),” kata Martinez.

Dalam barisan pebalap MotoGP 2017, hanya empat dari 11 tim musim 2016 yang tak mengalami perubahan komposisi pebalap. Sisanya kemasukan pebalap baru atau pindahan.

Empat tim tanpa perubahan komposisi pebalap itu adalah Repsol Honda, Marc VDS Honda, Avintia Ducati, dan Octo Pramac Ducati. Adapun KTM menjadi satu-satunya tim baru pada 2017.

Yang unik dari barisan 2017 ini adalah kontrak durasi setahun. Itu terjadi pada Abraham dan Bautista, lalu Zack Miller dan Tito Rabat (Marc VDS Honda), serta Cal Crutchlow (LCR Honda). Artinya, mereka masih harus melakukan negosiasi kontrak atau tergusur pada 2018.

Sedangkan barisan pebalap Moto2 yang naik kelas adalah Alex Rins, Sam Lowes, Jonas Folger, dan Johann Zarco–juara Moto2 2015 dan kandidat juara musim ini.

Rins mengisi tempat Maverick Vinales di Suzuki Ecstar, Lowes memperkuat tim Aprilia Gresini, serta Folger dan Zarco membela tim Tech 3 Yamaha.

Berikut barisan lengkap pebalap MotoGP musim 2017:

Movistar Yamaha: Valentino Rossi, Maverick VinalesRepsol Honda: Marc Marquez, Dani PedrosaDucati: Jorge Lorenzo, Andrea DoviziosoSuzuki Ecstar: Andrea Iannone, Alex RinsKTM: Bradley Smith, Pol EspargaroAprilia Gresini: Sam Lowes, Aleix EspargaroTech3 Yamaha: Jonas Folger, Johann ZarcoMarc VDS Honda: Jack Miller, Tito RabatPramac Ducati: Scott Redding, Danilo PetrucciAvintia Ducati: Hector Barbera, Loris BazAspar Ducati: Alvaro Bautista, Karel Abraham.

Bagikan dengan cinta...
Loading...
Bagikan
Artikel sebelumnyaUsaha taipan Tiongkok memancing studio besar Hollywood
Artikel berikutnyaInvestor asing kuasai pasar saham Indonesia
mm
Media elektronik bisa dijadikan jendela informasi yang membangun dan mencerdaskan bangsa. Generasi muda Indonesia mulai gemar membaca untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan. Mari kita isi dunia baca Indonesia dengan berita positif demi masa depan bangsa. Selamat berdiskusi... [Meidiana Said - Lintas Cybermedia]

Tulis gagasan