Sinyal positif Kawasaki Indonesia untuk Versys 250

Loading...

Ilustrasi jajaran motor besar Kawasaki di pameran Motorraeder di Dortmund, Jerman, 3 Maret 2016

Ilustrasi jajaran motor besar Kawasaki di pameran Motorraeder di Dortmund, Jerman, 3 Maret 2016 © Bernd Thissen /EPA

Di tengah kabar rencana kehadiran model Z900 di Indonesia, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menegaskan konsistensi pada produk motor kelas premium dengan produk berbasis petualangan ke Kementrian Perindustrian, Selasa (11/10/2016).

Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) berkode LE250C dan LE250B dilansir laman TMCblog. Hadir pula komposisi tenaga dan fitur pada dua motor tersebut.

Antara lain basis mesin Kawasaki Ninja 250R injeksi silinder ganda yang diperkuat dengan rangka permata (diamond) turunan keluarga Z250.

Dengan mesin berkapasitas 249cc, 8 valve dan silinder kembar tersebut, motor ini diklaim mampu menghadirkan tenaga 32 hp dan torsi 21 Nm dengan 6 percepatan manual.

Artinya motor ini akan bertenaga layaknya keluarga Ninja, namun memiliki kelincahan bak keluarga Z series. Belum lagi motor ini juga dikabarkan akan menggunakan suspensi depan jenis Upside Down (USD) dan memiliki tampilan mirip sang kakak Versys 650.

Laman Rush Lane menulis bahwa motor ini akan hadir di Indonesia dalam beberapa minggu mendatang. Sementara untuk pasar India, dia bakal hadir pada 2017.

Baca juga:  Hidden Figures masih kuasai box office

Narablog Yogas Erlangga (Kobayogas.com) menilai Versys 250 merupakan wujud mimpi kalangan pemotor yang menyukai petualangan lintas alam. Kalangan ini senang pada motor bertenaga tak terlalu besar yang masih mungkin digunakan sebagai kendaraan komuter harian.

“…mungkin tidak semua suka melakukan perjalanan atau turing atau melakukan aktivitas terabas, banyak juga yang memang senang modelnya saja dan digunakan sebagai kendaraan harian,” tulisnya.

Di Indonesia, telah beredar sejumlah motor jenis itu. Antara lain Honda Big Bike CB500X, Kawasaki Versys 650, Ducati Multistrada yang dipasarkan Garansindo, dan BMW 700 GS yang diboyong Maxindo Moto.

Dari empat motor itu, Honda CB500X berharga “paling murah”–Rp135 juta OTR Jakarta.

Dengan demikian, patut diduga, Versys 250 akan menjadi satu-satunya model adventure bermesin seperempat liter dengan harga di bawah harga Honda CB500X.

Kehadiran Versys 250 juga akan menjadi pilihan baru bagi kalangan pemotor yang ”ingin naik kelas” ke tunggangan bermesin 250cc. Dan menurut Yogas, bekal mesin 250cc keluaran Kawasaki sudah lebih dari cukup.

Ketua komunitas Honda CBR regional Depok, Doni Maryadi, berharap Versys 250 bisa lebih baik dari pendahulunya. Kebetulan Doni pengguna motor Honda CBR 250R dan Kawasaki Z250 untuk aktivitas harian.

Baca juga:  Super Chat Alternatif Kreator Video Youtube Untuk Menghasilkan Uang Tambahan !

Doni menilai desain fisik menyerupai Versys 650 bakal menyenangkan untuk berkendara jarak jauh dan menengah. Apalagi dengan bekal suspensi depan USD.

“Jangan sampai bermasalah seperti Z250, shock depan sering bocor dan material kurang bagus,” imbuh Doni soal harapannya pada Versys 250 kepada Beritagar.id, Kamis (13/10).

Sementara Michael Chandra Tanadhi, Deputy Head Sales & Promotion KMI, sempat mengelak ketika ditanyakan perihal produk ini. Namun kemarin ia memberi sinyal positif.

“Baru didaftarkan, belum tahu lulus apa enggak. Saya belum bisa berkomentar banyak mengenai hal itu, tapi kami sebelumnya bilang ada 4 motor yang akan diluncurkan tahun ini, mungkin saja nanti ada surprise, mudah-mudahan ya,” katanya dilansir VIVA.

Lebih lanjut Michael menegaskan KMI masih menjadi produsen penyedia motor dengan model terlengkap pada kategori mesin 250cc. Dia berharap status tersebut bisa memberi keleluasaaan pilihan bagi konsumen.

“Kawasaki menyediakan motor dari segmen sport, naked, trail di kelas 250. Semuanya memiliki segmennya masing-masing yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Memang banyak yang bermain di situ juga, karena di atas 250 sudah kena pajak barang mewah (PpnBM),” pungkasnya.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar