Su-35 Dengan Avionik Berbahasa Rusia, China No Problem

Loading...

2215173

Moskow akan mengirimkan pesawat tempur Su-35 ke Beijing dengan modifikasi yang sama untuk Angkatan Udara Rusia, termasuk juga pada sistem avionik yang menampilkan informasi dalam bahasa Rusia.

Setelah kedua negara melakukan sejumlah konsultasi dan negosiasi, Cina akhirnya setuju untuk menerima Su-35 dengan spesifikasi yang hampir mirip dengan milik Angkatan Udara Rusia. Perbedaan antara Su-35 Cina dan Rusia hanya pada integrasi Cina Beidou Navigation Satellite System. Gelombang pertama pengiriman Su-35 China kemungkinan akan dikirimkan pada akhir tahun ini.

Baca juga:  Gereja di Kota Batu Jawa Timur diguncang isu Teror Bom dari Penelpon Gelap

77862f296e6f

Adaptasi bahasa China kedalam avionic Su-35, bagi produsen Su-35 adalah salah satu prosedur teknis yang paling sulit. Rusia telah mengerjakannya selama satu tahun untuk menerjemahkan data avionik ke dalam bahasa Cina. Namun, tidak seperti huruf Latin dan Cyrillic, hieroglif ternyata sangat buruk terbaca pada liquid-crystal display Su-35.

753a5db83506

Cina akhirnya tidak mempermasalahkan Su-35 dengan tampilan bahasa Rusia. Selain itu, pilot China sudah memiliki pengalaman menerbangkan Su-27 buatan Rusia yang memiliki avionic dengan bahasa Rusia.

Baca juga:  Video Kabar Alutsista Dunia
Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar