Tip merawat tindik di berbagai titik

0
0

Ini cara tepat merawat tindik

Ini cara tepat merawat tindik © Scott Dumas /Shutterstock

Tindik di Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti berlubang pada cuping telinga. Biasanya digunakan sebagai tempat untuk memasang anting.

Namun sebenarnya selain telinga, banyak bagian tubuh lain yang juga ditindik dan dipasangi anting. Misalnya seperti yang dilansir Marie Claire, bibir dan lidah yang berasal dari adat budaya masyarakat Afrika, puting yang populer di Roma. Sedangkan telinga dan hidung ternyata berasal dari Israel, lebih dari 5000 tahun silam.

Tindik memiliki banyak arti. Di zaman dahulu bisa untuk menandai kasta seseorang, mulai dari orang berada hingga para pekerja seks komersil.

Kini tindik tak lagi memiliki arti tertentu. Terkadang perempuan atau lelaki menindik area tubuhnya hanya karena urusan gaya, atau arti tertentu yang bersifat pribadi. Tindik bahkan menjadi semacam ritual baru bagi para tamu demi tampil paripurna di New York Fashion Week lalu.

Jangan lewatkan:  Pria berewokan lebih menarik bagi perempuan

Apapun alasannya, tindik adalah bentuk luka yang tetap harus dirawat. Jika tidak, bukan tak mungkin infeksi dapat menghinggapi tubuh Anda. Berikut adalah langkah merawat luka tindik di beberapa area tubuh.

Banyak perempuan sudah ditindik sejak bayi. Bagi yang melakukannya setelah dewasa, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah meminta penindik untuk menggunakan jarum, bukan alat tembak. Hal ini juga disarankan Elle untuk meminimalkan kerusakan pada lapisan tisu di kulit.

Ketika menindik menggunakan jarum, daging akan ditembus dengan perlahan, tak seperti alat tembak yang secara mendadak melubanginya. Tempat tindik profesional juga akan menjamin penggunaan jarum dan peralatan lain yang steril.

Setelah ditindik sebaiknya Anda tak membersihkan luka dengan alkohol. Karena alkohol akan mempercepat proses pemulihan, membuat kulit kering dan lubang menutup. Tak jarang juga kulit jadi lebih mudah berdarah.

Jangan lewatkan:  Pria berewokan lebih menarik bagi perempuan

Untuk menghindarinya, bersihkan luka dengan larutan khusus atau air dan sabun lembut yang berbahan dasar minyak. Jangan takut untuk mencuci luka bekas tindik, jaga kulit agar selalu bersih dari darah kering dan kotoran yang tertinggal.

Tapi sebaiknya tidak juga mencucinya terlalu sering. Membersihkan luka terlalu sering akan menghambat proses pemulihan kulit sehingga luka menjadi basah terus menerus. Mencucinya dua kali dalam sehari adalah yang dianjurkan oleh Into The Gloss.

Hindari juga mandi dengan berendam, cara ini akan membuat bakteri berkumpul di air. Jika memiliki luka pada tubuh sebaiknya mandilah dengan pancuran atau gayung seperti biasa.

Biasanya di tempat tindik Anda akan diberi anting biasa. Begitu luka akan sembuh, Anda boleh mengganti anting tersebut dengan pilihan sesuai selera. Lakukan ini ketika sudah benar-benar sembuh. Menggantinya sebelum luka sembuh akan membuatnya sembuh semakin lama.

Sebaiknya berhati-hati ketika akan mengganti anting di tempat yang berupa tulang rawan. Daerah tulang rawan seperti daun telinga membutuhkan perawatan ekstra ketika terluka. Lakukan penggantian anting di tempat Anda menindik atau di dokter jika diperlukan.

Jangan lewatkan:  Pria berewokan lebih menarik bagi perempuan

Untuk membuat luka cepat sembuh, tentu kebersihan adalah hal penting. Cuci tangan setiap kali akan menyentuh luka yang masih basah untuk menghindari terjadinya infeksi.

Masa penyembuhan setiap area tindik berbeda-beda. Karenanya, bersabarlah merawatnya hingga sembuh benar. Menurut New Health Advise, berikut adalah masa penyembuhan luka tindik menurut letaknya.

3 – 8 minggu: Lidah, bagian dalam bibir3 – 8 minggu: telinga, alis, bibir,
2 – 6 bulan: cuping hidung, bagian tengah hidung, batang hidung3 – 6 bulan: alat kelamin3 – 12 bulan: tulang rawan telinga, puting4 – 12 bulan: tindik di permukaan kulit seperti di punggung, lengan, dan sebagainya.

Pencarian pada artikel ini:

  1. nomor telepon nindik indihome
Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis gagasan