Yamaha MT-10 SP pamer tubuh di Intermot 2016

Loading...

MT-10 SP, model naked bike dengan citarasa hypersport

MT-10 SP, model naked bike dengan citarasa hypersport /Yamaha-motor.eu

Jenama Yamaha tak mau melewatkan momentum pameran otomotif Intermot 2016 pada 5-9 Oktober 2016 di Koln, Jerman.

Yamaha memamerkan MT-10 SP alias tipe 2017, motor jalanan super cepat yang pada edisi tahun ini punya kemampuan mengembara jarak jauh (touring).

Mengutip MCN, edisi terbaru adalah “hasil perkawinan” MT-10 dengan YZF-R1M. Artinya Yamaha menggabungkan motor bugil (naked bike) dengan motor sport untuk menghasilkan motor hypersport.

Produsen berlogo garpu tala itu menggunakan suspensi elektronik keluaran Ohlins TZF-R1M dan memasang instrumen Thin Film Transistor (TFT) di dasbor.

Pada TFT terdapat seluruh informasi berkendara seperti lazimnya pada kendaraan bermotor apapun. Antara lain pengukuran kecepatan dan indikator bahan bakar.

Suspensi elektronik motor ini dikendalikan langsung oleh unit pengendali SCU seperti tertanam pada R1. Elemen tersebut menganalisa data dari serangkaian sensor suspensi sesuai keinginan pengendara.

Baca juga:  Triumph Street Triple keluar dengan mesin baru 765cc

SCU kemudian menghitung beragam aspek yang memungkinkan pengendara mendapatkan traksi maksimal saat memacunya.

Tak hanya itu, elemen tadi juga mengukur getaran motor untuk kebutuhan keamanan dan kenyaman pengendaranya.

Pengaturan SCU dapat diakses melalui switchgear melalui layar digital dasbor. Bahkan pengendara dapat memilih pengaturan untuk berkendara malam hari dan sebagainya sesuai keinginan.

Yamaha Motor Eropa menyebut motor bervolume mesin 998cc dan injeksi 4 silinder ini punya “tenaga brutal”.

Dengan tenaga besar seperti itu, tidak heran Yamaha memasang sistem pengendali traksi, kendali kopling antislip, dan sistem cepat perpindahan gir.

Motor ini juga memiliki fitur D-Mode. Dia adalah elemen elektronik yang bertugas menyesuaikan bukaan gas, pengapian, dan suplai bahan bakar sesuai keinginan pengendara.

Tampilan radikal MT-10 SP juga dapat dilihat secara fisik melalui lampu utama yang mengusung reflektor ganda membulat sehingga terlihat lebih ganas.

Baca juga:  Berita Terbaru Hari Ini: Perbedaan New Honda Mobilio 2017 dengan Honda Mobilio Terdahulu

MT-10 SP dikemas dengan tampilan warna perpaduan perak dan biru yang khas. Paduan warna ini digunakan pula oleh Yamaha YZF-R1M.

Secara keseluruhan Yamaha menyediakan pilihan warna Night Fluo, Race Blue, dan Tech Black. Seluruhnya akan tersedia di pasaran pada Februari 2017.

Tapi di Intermot 2016, Yamaha juga memamerkan MT-09 dan SCR950. Rushlane menulis, MT-09 punya lampu depan ganda dan desain bodi yang ramping dari depan ke belakang.

Dabsornya tetap berbentuk LCD digital dan sadel berbentuk rata meski edisi terbaru lebih tinggi 5mm dari pendahulunya.

Sedangkan SCR950 adalah motor berdesain klasik seperti halnya motor keluaran Harley Davidson. Motor ini punya mesin silinder ganda bervolume 942cc.

Dengan volume itu, motor yang dijual dengan pilihan warna merah dan hitam ini mampu mengeluarkan tenaga 38 kW pada 5.500 rpm dan torque 79,5 Nm pada 3.000 rpm.

Bagikan dengan cinta...
Loading...

Tulis komentar